KPU

Pemkab Seluma Upayakan Normalisasi Sungai untuk Antisipasi Bencana Banjir

Pemkab Seluma Upayakan Normalisasi Sungai untuk Antisipasi Bencana Banjir

Wakil Bupati Seluma Gustianto mengatakan, Pemkab Seluma akan melakukan upaya normalisasi sungai Air Nelas untuk mengantisipasi banjir terjadi pada tahun berikutnya.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Banjir yang menggenangi dua desa yakni Cahaya Negeri dan Jenggalu Kecamatan Sukaraja pada Sabtu 6 Juli 2024 lalu, menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma.

Bahkan dari catatan BPBD Seluma di tahun 2024, ratusan rumah terendam banjir dan lebih parah dibandingkan tahun sebelumnya. 


Banjir yang menggenangi dua desa yakni Cahaya Negeri dan Jenggalu Kecamatan Sukaraja pada Sabtu 6 Juli 2024 lalu, menjadi perhatian Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Seluma.--(Sumber Foto: Julyan/BETV)

BACA JUGA:7 Parpol Parlemen Belum Tentukan Dukungan di Pilgub Bengkulu 2024

Wakil Bupati Seluma Gustianto mengatakan, Pemkab Seluma akan melakukan upaya normalisasi sungai Air Nelas untuk mengantisipasi banjir terjadi pada tahun berikutnya.

"Ya, ini menjadi perhatian Pemkab Seluma kedepannya. Salah satu upaya yang mutlak dilakukan adalah normalisasi sungai.

Normalisasi sungai ini sangat penting memperluas kapasitas sungai, sehingga bisa menampung air," kata Wakil Bupati Seluma Gustianto, Senin 8 Juli 2024.

BACA JUGA:Dua Hari Digenangi Banjir, Warga Kota Bengkulu Mulai Cemas Terserang Penyakit

Lanjutnya, hanya saja untuk melakukan normalisasi sepanjang aliran sunga Nelas di dua desa, membutuhkan biaya yang tak sedikit. Maka dari itu Pemkab Seluma saat ini tengah menghitung anggaran yang dibutuhkan.

"Kita lihat kondisi keuangan terlebih dahulu, jika memungkinkan maka akan kita normalisasi. Karena ini bakal jadi tugas berat kita, nanti kita arahkan ke Balai Sumatera VII, pemerintah provinsi, untuk bersama-sama melakukan normalisasi sungai Nelas di Kabupaten Seluma," sampainya.

BACA JUGA:Nostalgia ke Masa Lampau, Kamu Bisa Datang ke Balai Adat Rajo Penghulu, Lokasinya di Sini

Diketahui, Pemkab Seluma telah menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait untuk membantu korban banjir.

Salah satunya dengan menyerahkan bantuan tanggap darurat dari Pemerintah Kabupaten Seluma kepada korban terdampak banjir.

BACA JUGA:Kurang Ajar! Maling Ini Beraksi Saat Rumah Warga Kota Bengkulu Dilanda Banjir

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: