dempo

Tak Langsung Parah! Ini 5 Tahapan Gejala Penyakit Demensia

Tak Langsung Parah! Ini 5 Tahapan Gejala Penyakit Demensia

Ilustrasi. Tahapan gejala penyakit demensia dari ringan hingga parah--(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Kamu perlu tahu jika gejala penyakit demensia yang kerap dialami oleh lansia ini tidak terjadi secara sekaligus namun memiliki beberapa tahapan

BACA JUGA:Waspada Penyakit Demensia yang Turunkan Kualitas Hidup di Masa Tua, Ini Penyebab dan Faktor Resikonya

Sayangnya gejala penyakit demensia ini seringkali diabaikan dan dianggap sepele hingga baru dianggap serius begitu sampai pada tahap yang cukup parah. 

Padahal penting untuk mengenali gejala ini sejak tahap awal sebelum kondisi menjadi semakin buruk dan demensia tidak bisa lagi untuk diobati. 

BACA JUGA:Kenali Penyakit Demensia yang Bisa Diidap Kalangan Tua dan Muda, Ini Jenisnya

Demensia merupakan sekumpulan gejala yang mempengaruhi fungsi kognitif otak dalam mengingat, berpikir, bertingkah laku, dan juga berbicara (berbahasa). 

Demensia atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan penyakit pikun ini sayangnya seringkali dianggap remeh lantaran mayoritas diidap oleh mereka yang berusia di atas 65 tahun. 

BACA JUGA:Jadi Penyakit yang Hantui Masa Tua, Ini 4 Cara Mengobati Demensia

Namun bukan tidak mungkin jika penyakit demensia ini juga dapat dialami oleh orang yang lebih muda dari usia tersebut. 

Meski seringkali dianggap sama, perlu diingat jika demensia berbeda dengan pikun. Pikun sendiri merupakan perubahan kemampuan berpikir dan mengingat yang biasanya dialami oleh seseorang seiring bertambahnya usia. 

BACA JUGA:Jangan Tunggu Kejadian! Cegah Demensia Sejak Dini dengan 5 Cara Mudah Ini

Perubahan yang terjadi ini bisa mempengaruhi daya ingat, namun tidak begitu signifikan serta tidak menyebabkan seseorang bergantung pada orang lain. 

Mereka yang mengalami demensia biasanya memiliki kemampuan penurunan pada fungsi otak untuk melakukan fungsi dasar seperti dalam kemampaun berpikir, mengingat, berkomunikasi, dan juga dalam membuat keputusan. 

BACA JUGA:5 Tahap Gejala Demensia, Kenali Segera Sebelum Terlambat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: