dempo

Menakar Kekuatan Dempo-Bang Ken, Helmi-Mian dan Rohidin-Meriani di Pilgub Bengkulu 2024

Menakar Kekuatan Dempo-Bang Ken, Helmi-Mian dan Rohidin-Meriani di Pilgub Bengkulu 2024

Pengamat politik Universitas Bengkulu (Unib), Dr. Mas Agus Firmansyah, M.Si--(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Menakar kekuatan 3 pasangan bakal calon gubernur (Cagub) dan bakal calon wakil gubernur (Cawagub) di Pemilihan Gubernur (Pilgub) BENGKULU 2024.

Mereka adalah Dempo Xler dan Ahmad Kanedi pasangan yang lebih dulu menyatakan maju bersama melalui jalur perseorangan atau independen mendapatkan dukungan KTP langsung dari rakyat. 

BACA JUGA:KPU Tuntas Verfak Pertama Calon Gubernur Jalur Perseorangan, Ini Kata Dempo Xler

Kemudian diikuti pasangan Helmi Hasan dan Mian diusung oleh PAN dan PDIP dengan jumlah 12 kursi DPRD Provinsi Bengkulu sehingga memenuhi syarat daftar ke KPU. 

Belakangan terbaru Rohidin Mersyah dan Meriani berpasangan maju Pilgub Bengkulu diusung oleh Partai Golkar dengan jumlah 10 kursi bisa mengusung sendiri. Pasangan ini juga santer dukung Partai Hanura, PKS dan PPP.

BACA JUGA:Pilgub Bengkulu 2024: Dempo-Bang Ken Vs Helmi-Mian, Rohidin Mersyah Belum Putuskan Pendamping

Pengamat politik Universitas Bengkulu (Unib), Dr. Mas Agus Firmansyah, M.Si mengatakan, ketiga pasangan yang telah menyatakan maju masing-masing pasti sudah memiliki basis pendukung dan loyalis.

Kemudian yang menjadi PR Paslon adalah bagaimana meyakini calon pemilih.

BACA JUGA:Resmi! Partai Golkar Rekom Rohidin-Meriani Berpasangan Maju Pilgub Bengkulu 2024

"Kini menjadi PR Paslon yang sudah menyatakan maju ini adalah meyakini mayoritas masyarakat untuk memilih mereka," tutur Agus, Jumat 19 Juli 2024.

Dikatakan Agus, tiga Paslon juga memiliki irisan pemilih yang sama, seperti Dempo memiliki irisan pemilih yang dengan Helmi Hasan karena berangkat dari latar yang sama PAN dan jejaring. 

BACA JUGA:3 Pasangan Cagub dan Cawagub di Pilgub Bengkulu, Rosjonsyah Belum Dapat Rekom Parpol

Kemudian antara Ahmad Kanedi dan Rohidin Mersyah memiliki irisan yang sama terkait dengan representasi pemilih Semaku (Seluma Manna Kaur). 

Sementara yang menjadi kelebihan dari Rohidin adalah menggandeng sosok Meriani yang perempuan satu-satu saat ini di Pilgub Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: