dempo

Beeturia hingga Gangguan Lambung, Ini 6 Efek Samping Konsumsi Buah Bit Berlebih

Beeturia hingga Gangguan Lambung, Ini 6 Efek Samping Konsumsi Buah Bit Berlebih

Ilustrasi. Efek samping konsumsi buah bit berlebih.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Konsumsi buah bit berlebih ternyata dapat menimbulkan berbagai efek samping mulai dari beeturia hingga gangguan lambung, simak ulasan selengkapnya di sini.

Buah bit merupakan salah satu buah yang berasal dari daerah Mediterania dan dapat ditemui mulai dari dataran rendah hingga ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut.

Buah ini berwarna merah keunguan dengan bentuk seperti bengkoang, buah bit sudah dimanfaatkan sebagai bahan dasar pembuatan obat tradisional sejak zaman Romawi dan Yunani.

BACA JUGA:Inilah Daftar Makanan Pemicu Asam urat dan Kolesterol, Hindari Jika Tak Ingin Kesehatanmu Terganggu

Namun belum banyak yang tahu, makan buah bit tidak dianjurkan terlalu banyak karena dapat menyebabkan beberpa efek samping.

Seperti yang dikatakan sebelumnya, salah satu efek samping makan buah bit berlebih adalah beeturia atau kondisi ketika warna urine berubah menjadi merah keungguan seperti warna buah bit.

Selain itu, makan buah bit berlebih juga dapat menyebabkan gangguan lambung. Hal tersebut karena buah bit memiliki kandungan gas yang bisa bikin kulit kembung dan keram.

Tidak hanya itu, konsumsi buah bit berlebih juga dapat sebebkan batu ginjal, ruam, feses berubah warna, dan tekanan darah menjadi rendah.

Melansir dari honestdocs.id, berikut efek samping makan buah bit berlebih.

BACA JUGA:Intip Ragam Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan, Jitu Menyembuhkan Batuk Pilek Salah Satunya

1. Beeturia

Efek samping makan buah bit berlebih yang pertama adalah beeturia. Seperti yang dikatakan sebelumnya beeturia merupakan salah satu masalah kesehatan yang menyebabkan berubahnya warna urine.

Efek samping satu ini umum dialami seseorang yang mengkonsumsi buah bit berlebih, berubahnya warna urine dapat terjadi karena kekurangan zat besi di dalam tubuh.

Meskipun hal ini tidak terlalu berbahaya, namun jika diteruskan mengkonsumsi buah bit dapat memicu masalah kesehatan lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: