dempo

Tekanan Darah Tinggi Dapat Sebabkan Stroke, Cek 8 Penyebab Lain di Sini

Tekanan Darah Tinggi Dapat Sebabkan Stroke, Cek 8 Penyebab Lain di Sini

Ilustrasi. Penyebab stroke yang harus diwaspadahi.--Sumber foto: (Doc/BETV)

BETVNEWS - Berikut penyebab stroke yang harus diwaspadahi, salah satunya tekanan darah tinggi simak penjelasannya di sini.

Stroke merupakan kondisi ketika seseorang mengalami lumpuh sebagian atau seluruh bagian tubuh. Kondisi ini diakibatkan oleh kurangnya pasokan darah ke seluruh organ termasuk otak.

Hal tersebut menyebabkan kerusakan pada otak sehingga tidak dapat memberikan intruksi kepada seluruh organ tubuh.

Dengan demikian organ tubuh tidak mampu menjalankan tugasnya sebagaimana mestinya, sehingga penderitanya kesulitan untuk berbicara, bergerk, berjalan, fokus, bahkan dapat lumpuh total.

BACA JUGA:5 Manfaat Buncis untuk Tubuh, Tingkatkan Kesehatan Jantung Salah Satunya, Cek Lainnya di Sini

Ada banyak hal yang dapat menyebabkan stroke, salah satunya darah tinggi. Ketika tekanan darah pada dinding ataeri terlalu tinggi, sel-sel tubuh dapat rusak termasuk pembuluh darah otak.

Dengan begitu, otak tidak dapat memerintahkan organ tubuh untuk melakukan aktivitas seperti biasanya, akibatnya terjadi kelumpuhan.

Tidak hanya itu, penyakit jantung, genetik, obesitas, kolesterol, diabetes, dan faktor usia juga termasuk ke dalam daftar penyebab stroke.

Melansir dari halodoc.com, berikut penyakit yang dapat menyebabkan stroke:

BACA JUGA:9 Manfaat Air Rebusan Kayu Manis untuk Kesehatan, Ramuan Herbal Penjaga Daya Tahan Tubuh

1. Tingginya Tekanan Darah

Penyakit yang dapat menyebabkan stroke pertama adalah daraj tinggi. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa tekanan darah yang terlalu tinggi dapat mengakibatkan pecahnya pembuluh darah otak. 

Kondisi tersebut membuat oteak tidak dapat berfungsi dengan maksimal dalam menggerakan oragan tubuh yang lain, akibatnya terjadilah kelumpuhan.

Katagori tekanan darah tinggi adalah ketika tensi lebih dari 140/90. Adapun penyebab tekanan darah tinggi adalah makanan obesitas, alkohol, dan kurang berolaraga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: