dempo

5 Cara Cegah Penyakit Anemia, Penuhi Nutrisi dan Lakukan Sebelum Terlambat!

 5 Cara Cegah Penyakit Anemia, Penuhi Nutrisi dan Lakukan Sebelum Terlambat!

5 cara cegah penyakit anemia, lakukan sebelum terlambat!--(Sumber Foto: Doc/BETV)

BETVNEWS - Cara mencegah penyakit anemia merupakan hal yang perlu diketahui agar kamu tidak sampai mengalami masalah kesehatan yang satu ini. 

BACA JUGA:Ini 6 Bahaya Anemia Jika Tidak Segera Diobati, Bisa Sangat Fatal!

Anemia memang menjadi penyakit yang lazim dialami oleh banyak orang terutama para kaum wanita yang tengah mengalami menstruasi karena mereka kehilangan darah dalam prosesnya. 

Penyakit ini seringkali diabaikan padahal jika tidak segera ditangani, penyakit yang satu ini juga dapat menyebabkan banyak masalah pada kesehatan terutama setelah mengalami komplikasi

BACA JUGA: Sering Pusing Saat Berdiri Tiba-tiba? Bisa Jadi Tanda Anemia, Cek Gejala Lainnya

Oleh sebab itu, melakukan tindakan pencegahan merupakan cara yang paling penting dilakukan untuk menghindari penyakit yang satu ini. 

Anemia atau dikenal juga dengan sebutan kurang darah merupakan kondisi terjadi saat jumlah sel darah merah yang ada di dalam tubuh lebih rendah dari normal.

BACA JUGA:Banyak Dialami Perempuan, Ini 6 Penyebab Anemia yang Perlu Kamu Ketahui

Anemia sendiri merupakan gangguan darah yang ditandai dengan jumlah sel darah merah yang rendah atau tidak bisa berfungsi dengan baik, padahal sel darah merah ini sangat penting untuk tubuh. 

Sel darah merah yang ada di dalam tubuh ini memiliki kandungan protein yang mengandung zat besi yang disebut sebagai hemoglobin. Zat ini berfungsi untuk mengikat dan menyalurkan oksigen ke sel-sel tubuh. 

BACA JUGA:5 Manfaat Buncis untuk Bayi, Jaga Kesehatan Tulang hingga Turunkan Resiko Anemia

Pada mereka yang memiliki kondisi anemia ini, jumlah sel darah merah dan hemoglobin yang ada di dalam tubuh mereka berkurang sehingga oksigen tidak tersuplai dengan baik dan membuat penderita menjadi lemas dan pucat.

Biasanya anemia akan menunjukkan gejala seperti mudah lelah atau lemah, sesak napas, dan juga pusing. Namun kondisi ini dapat bertambah buruk dan berujung pada masalah yang semakin serius jika tidak segera diobati.

BACA JUGA:10 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan, Nomor 1 Kurangi Resiko Anemia

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: