dempo

Cegah Banjir dan Longsor di Bengkulu Tengah, Pemkab Bersama Forkopimda Tanam 2.500 Bambu

Cegah Banjir dan Longsor di Bengkulu Tengah, Pemkab Bersama Forkopimda Tanam 2.500 Bambu

Cegah Banjir dan Longsor di Bengkulu Tengah, Pemkab Bersama Forkopimda Tanam 2.500 Bambu --(Sumber Foto: Ronal/BETV)

BEBGKULU, BETVNEWS - Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkulu Tengah pada Jumat 2 Agustus 2024 menggelar penanaman pohon bambu dan rumput Vertiper disepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Lemau Kecamatan Pondok Kelapa sebanyak 2.500 bibit bambu dan 500 rumput vertiper ditanamkan.

Pj Bupati Bengkulu Tengah Heriyandi Roni menjelaskan, penanaman bambu serentak ini dalam rangka mencegah abrasi dan longsor pengikisan tanah disepanjang Daerah Aliran Sungai.

Selain itu juga dalan rangka mencegah terjadinya banjir, bibit bambu juga dibagikan ke 8 desa untuk dibagikan ke masyarakat, agar dapat juga menanam bambu tersebut di desa masing-masing.

BACA JUGA:5 Resep Masakan Daun Katuk yang Lezat, Dijamin Bikin Makan Makin Lahap

BACA JUGA:Baik Untuk Kulit Kering, Ini Daftar Makanan dengan Kandungan Vitamin Tinggi

"Paling utama dalam gerakan penanaman bambu ini untuk pelestarian lingkungan hidup, kedepannya gerakan ini akan berljut di Lokasi DAS lainnya di Benteng," jelas Bupati.

Disisi lain, manfaat penanaman bambu bukan hanya untuk mencegah bahaya bencana, melainkan dapat menjadi bahan dasar berbagai kerajinan tangan, yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dalam rangka mengembangkan Usaha Mikro Kecil (UMK).

BACA JUGA:Peringati HUT RI ke-79, Pemkab Kaur Gelar Berbagai Hiburan Rakyat

BACA JUGA:Buah Semangka Kaya Akan Nutrisi, Ini 8 Manfaat Sehari-hari yang Bisa Dirasakan

"Masyarakat dapat memanfaatkan bambu ini menjadi pundi-pundi uang, dan daoat menunouhkan perekonomian masyarakat," tutup Bupati.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: