Verfak Ulang Selesai, Segini Jumlah Kekurangan Dukungan Ariyono-Harialyyanto untuk Daftar Pilwakot 2024

Verfak Ulang Selesai, Segini Jumlah Kekurangan Dukungan Ariyono-Harialyyanto untuk Daftar Pilwakot 2024

Ketua KPU Kota Bengkulu Rayendra Pirasad.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Setelah dilakukan verifikasi faktual (Verfak) ulang oleh KPU Kota BENGKULU, jumlah dukungan terbaru terhadap bakal calon Walikota BENGKULU jalur independen Ariyono Gumay-Harialyyanto, sebesar 20.642 lembar yang Memenuhi Syarat (MS).

Dimana hasil verifikasi faktual sebelumnya syarat dukungan terhadap pasangan Ariyono Gumay dan Harialyyanto berjumlah 17.462 lembar atau ada penambahan dukungan sebanyak 3.180 lembar dukungan yang MS.

BACA JUGA:Cekcok dengan Pemilik Kafe di Kampung Melayu, Pria Bawa Sajam Diamankan Polisi

Dengan demikian, pasangan Ariyono Gumay dan Harialyyanto hanya membutuhkan 2.325 bukti dukungan lagi, dari syarat minimal sebanyak 22.967 pemilih untuk mengikuti pendaftaran calon Walikota dan Wakil Walikota Bengkulu 2024 pada 27-29 Agustus.

"Sesuai dengan tindak lanjut putusan Bawaslu, 10 Agustus adalah batas akhir untuk Verfak ulang. Secara kasat mata ada jumlah pergeseran jumlah Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yang menjadi Memenuhi syarat (MS). Selanjutnya kami akan melakukan Verfak kedua yang juga berakhir pada 10 Agustus 2024 dan akan dilakukan rekap berjenjang dari tingkat kecamatan sampai tingkat kota," kata Ketua KPU Kota Bengkulu Rayendra Pirasad.

BACA JUGA:Puluhan Pelajar Bentuk Formasi 79 di Monumen Fatmawati dalam Kirab Bendera Merah Putih

Tambah Rayendra, proses dan mekanisme verfak ulang berbeda dengan verfak pertama.

Sebab para pendukung pasangan balon Walikota yang mendatangi pihak KPU atau PPS.

"Verfak ulang relatif lebih cepat karena pasangan calon atau LO mendatangkan langsung pendukungnya di kantor lurah atau tempat yang telah disepakati untuk dilakukan verifikasi ulang," tambahnya.

BACA JUGA:Saling Sindir di Media Sosial, Seorang Wanita di Kaur Tega Aniaya Teman Sendiri

Sementara itu, Aji Faisal LO pasangan Ariyono Gumay dan Harialyyanto memberikan apresiasinya terhadap kerja keras dari KPU Kota Bengkulu.

Pihaknya juga optimis bisa mendaftar Pilwakot pada tanggal 27-29 Agustus 2024.

"Kalau yang MS pasca pleno putusn Bawaslu yaitu 20.642 jadi kita masih kekurangan 2.300-an. Tapi insyalah verfak perbaikan masih berjalan kita optimis biaa mencukupi batas ambang untuk pendaftatan Walikota syarat calon perseorangan," terang Aji Faisal.

BACA JUGA:BBM Jenis Pertalite dan Biosolar Langka, Harga Pertamax Wilayah Bengkulu Naik Jadi Rp14.300 per Liter

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: