5 Penyebab Sifat Manipulatif yang Kerap Muncul pada Seseorang, Nomor 5 Sering Diabaikan

5 Penyebab Sifat Manipulatif yang Kerap Muncul pada Seseorang, Nomor 5 Sering Diabaikan

Ilustrasi. Penyebab perilaku manipulatif pada seseorang --(Sumber : Doc/BETV)

BETVNEWS - Mengetahui penyebab sifat manipulatif muncul pada seseorang merupakan hal yang penting lantaran bisa menjadi salah satu cara untuk menghadapinya.  

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Rekrut 500 CPNS, Pendaftaran Resmi Dibuka Hari Ini

BACA JUGA:Polda Bengkulu dan PT Asabri Serahkan Santunan Kematian Briptu Anumerta Sony Bintang Alfalah

Sikap manipulatif sendiri merupakan hal yang kerap terjadi di dalam suatu hubungan, entah dalam hubungan romantis, hubungan pertemanan, atau bahkan hubungan di dalam rekan kerja. 

Namun sifat manipulatif ini biasanya akan memberikan dampak yang kurang baik pada hubungan kedepannya dan jika terus dibiarkan hal ini dapat berkembang pada hal-hal yang merusak hubungan. 

Sikap manipulatif sendiri merupakan sikap yang cukup berbahaya karena menjadi sikap yang ditunjukkan untuk memperoleh kekuasaan atau bahkan mempengaruhi emosi dan juga pikiran orang lain. 

BACA JUGA:6 Jenis Perilaku Manipulatif dalam Hubungan, Nomor 1 Paling Sering Dialami

BACA JUGA:5 Resep Olahan Ayam Bumbu Pedas Gurih, Rica-rica Ayam Kampung Salah Satunya

Tak hanya itu, sikap ini juga bertujuan untuk mengendalikan orang lain agar segalanya berjalan sesuai dengan keinginan manipulator melalui perilaku-perilaku tertentu seperti yang paling populer adalah gaslighting. 

Perilaku-perilaku ini dilakukan agar korban percaya jika mereka bersalah dan pelaku merasa jika dirinya benar. Hal inilah yang menyebabkan korban manipulatif seringkali merasa bingung. 

Korban manipulatif ini juga sering merasa tidak yakin tentang apa yang harus mereka rasakan atau pikirkan, mereka juga akan meminta maaf atas sesuatu yang bahkan bukan merupakan kesalahan mereka. 

Mereka yang memiliki sikap atau perilaku manipulatif biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut BETV rangkum beberapa penyebab sifat manipulatif ini ada pada diri seseorang. 

BACA JUGA:Sering Dianggap Limbah, Kulit Kentang Punya Banyak Manfaat untuk kesehatan, Ini 3 Ragam Khasiat yang Ditawarka

BACA JUGA:Investasi Masa Depan, Yuk Mengenal Perilaku Manipulatif dalam Hubungan dan Hindari Tandanya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: