KPU

Dikbud Terapkan Program P5 di Seluruh SD-SMP se-Kota Bengkulu

Dikbud Terapkan Program P5 di Seluruh SD-SMP se-Kota Bengkulu

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Disdikbud) Kota Bengkulu, A. Gunawan, S.sos.--(Sumber Foto: Jalu/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Disdikbud) Kota BENGKULU telah menerapkan program Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di seluruh Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menegah Pertama (SMP) se-Kota BENGKULU.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Disdikbud) Kota Bengkulu, A. Gunawan, S.sos. mengatakan, pelaksanaan program ini diharapkan dapat menguatkan karakter peserta didik sekaligus kesempatan untuk belajar dari lingkungan sekitarnya.

BACA JUGA:Rumah Direktur Tikom Indomedikal Kota Bengkulu Disatroni Maling, 2 Unit Motor Raib

"Program P5 ini telah kita terapkan sesuai dengan kurikulum merdeka. Ini sesuai dengan Permendikbud 12 tahun 2014," jelas Kepala Disdikbud Kota Bengkulu A. Gunawan.

Tambah A. Gunawan, program P5 menjadi salah satu sarana untuk mencapai profil pelajaran Pancasila dalam implementasi kurikulum merdeka.

BACA JUGA:Dukung Pembangunan Nasional, Pemprov Bengkulu Gelar Pelatihan Peningkatan Kapasitas Aparatur Desa

Melalui program tersebut dapat membantu anak-anak menjadi lebih kreatif dan mandiri, sebab siswa dapat memasarkan hasil karya produknya serta menampilkan kreativitasnya dipanggung.

"Melalui program P5 menjadi salah satu upaya mengantisipasi terjadinya perundungan, karena memberikan nilai-nilai Pancasila agar anak di sekolah saling menghargai nilai budaya, seni dan lainnya yang berkaitan dengan Pancasila," sambungnya. 

BACA JUGA:TPP ASN Pemprov Bengkulu Tahun 2025 Berpotensi Naik, Disesuaikan dengan Standar Hidup di Jakarta

Program yang dirancang Kemendikbudristek ini sebagai bagian dari Kurikulum Merdeka yang bertujuan untuk mendorong tercapainya Profil Pelajar Pancasila. 

Adapun program ini diterapkan dengan menggunakan paradigma baru, yakni melalui pembelajaran berbasis projek.

BACA JUGA:PP Aisyiyah Sosialisasi Bahaya Konsumsi Susu Kental Manis bagi Balita di Bengkulu

Dengan menjalankan projek penguatan profil pelajar pancasila, pendidik diharapkan dapat menemani proses pembelajaran peserta didik agar mereka dapat menumbuhkan kapasitas dan membangun karakter luhur sebagaimana yang dijabarkan dalam profil pelajar pancasila, yakni beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, mandiri, bergotong-royong, berkebhinekaan global, bernalar kritis, dan kreatif.

(Jalu) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: