KPU

Pemprov Bengkulu Fokus pada Data Akurat untuk Kebijakan Pertanian

Pemprov Bengkulu Fokus pada Data Akurat untuk Kebijakan Pertanian

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Sensus Pertanian 2023 (ST2023) yang digelar BPS Provinsi Bengkulu. --(Sumber Foto: Ilham/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi BENGKULU, Isnan Fajri, menghadiri Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Sensus Pertanian 2023 (ST2023) yang digelar BPS Provinsi BENGKULU

Rakorda ini bertujuan meningkatkan komitmen dan koordinasi terkait pengumpulan data pertanian yang akurat untuk mendukung kebijakan strategis.

BACA JUGA:Benmal Tawarkan Pengelolaan Parkir Pantai Panjang Sistem Bagi Hasil 20 Persen ke Daerah

Isnan menekankan pentingnya data akurat dalam perencanaan pembangunan, khususnya di sektor pertanian, mengingat Bengkulu adalah provinsi agraris. 

"Kota mengapresiasi BPS dan seluruh pihak terkait dalam mendukung pelaksanaan sensus yang penting untuk ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat," ujarnya.

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Imbau PKL Jangan Gelar Lapak di Trotoar Jalan

Kepala BPS Provinsi Bengkulu, Win Rizal, menyampaikan Rakorda ini diikuti 103 peserta dan akan membahas pentingnya sinergi dalam menghasilkan data pertanian yang berkualitas. 

"Untuk menghasilkan data pertanian yang berkualitas dan akurat diperlukan kalaborasi semua pihak," ungkapnya.

BACA JUGA:Bapak-bapak Talang Baru Kabupaten Lebong Pastikan Pilih Calon Gubernur Putra Daerah Asli Bengkulu

Selain itu, pada tahun 2024 BPS akan memberikan penghargaan kepada desa berprestasi melalui program "Desa Cantik 2024" sebagai apresiasi atas kolaborasi yang baik.

Inspektur Utama BPS, Dadang Hardiawan, menekankan pentingnya sensus yang dilakukan secara berkala dalam mendukung sektor pertanian sebagai penyerap tenaga kerja terbesar, terutama di pedesaan. 

BACA JUGA:DPP Golkar Minta Kader Gerakan Mesin Partai untuk Menangkan Pilkada di Wilayah Bengkulu

"Data yang dihasilkan akan menjadi fondasi kebijakan strategis pemerintah, termasuk untuk mencapai visi Indonesia Emas 2045," sampainya

Acara dengan tema "Evaluasi Data SEP 2024 untuk Mengawal Kualitas Data Pertanian" ini diharapkan memperkuat sinergi dan inovasi untuk ketahanan pangan yang berkelanjutan serta kesejahteraan petani di Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: