Festival Tabut 2022 Ditutup

Festival Tabut 2022 Ditutup

Arak-arakan Tabut tebuang, sebagai penutup 10 hari rangkaian Festival Tabut 2022 di Balai Semarak Bengkulu oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah selaku Rajo Agung pada Senin 08 agustus 2022.--(Sumber Foto: Abdu/Betv)

BETVNEWS, - Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah selaku Rajo Agung pada Senin (08/08), secara resmi menutup gelaran Festival Tabut 2022, yang telah dilaksanakan sejak tanggal 29 Juli hingga 8 Agustus.

Penutupan yang dilaksanakan di Balai Semarak Bengkulu tersebut, langsung dilakukan pelepasan prosesi Tabut tebuang. Prosesi ini sendiri merupakan puncak rangkaian ritual tahun baru Islam, yang dilaksanakan sejak 1 hingga 10 Muharram.

Kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan arak-arakan Tabut, dimana sejumlah Tabut sakral tampak mengikuti arak-arakan menuju ke makam di kawasan Padang Karabela Kota Bengkulu.  

BACA JUGA:Pingsan di Hotel Kawasan Lapangan Golf, Pria Lansia Tewas

Rohidin Mersyah menyampaikan, setelah pada tahun ini berhasil melaksanakan Festival Tabut secara meriah, maka dirinya berharap sesuai dengan yang disampaikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, di tahun 2023 mendatang akan dilaksanakan Festival Tabut sebagai event Internasional.

"Alhamdulillah semua rangkaian sudah kita lewati meskipun masih ada kekurangan, dan Alhamdulillah dalam 3 tahun belakang ini festival tabut masuk ke dalam event nasional," ujar Gubernur. 

Hasil dari tinjauan akademis, filosofis dan budaya serta aspek kelembagaan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, menyatakan Festival Tabut layak menjadi event internasional.

BACA JUGA:Harga Daging Ayam Mulai Normal

"Tentunya pada tahun 2023 mendatang Festival Tabut diharapkan dapat menjadi Festival Internasional," tambah Rohidin.

Dengan berakhirnya Festival Tabut 2022 ini, dalam waktu dekat tentu seluruh pihak dapat sama-sama menyiapkan event tabut untuk dapat go international pada 2023.

(Abdurah)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: