Dikunjungi Kepala Basarnas, Tahun Depan Bengkulu Dapat Bantuan Kapal

Dikunjungi Kepala Basarnas, Tahun Depan Bengkulu Dapat Bantuan Kapal

Penyambutan kedatangan Kepala Basarnas RI di Bengkulu dalam rangka kunjungan kerja di Kantor Pencarian dan Pertolongan Bengkulu, pada Kamis 11 Agustus 2022.--(Sumber Foto: Naufal/Betv)

BETVNEWS, - Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Henri Alfiandi, melakukan kunjungan kerja di Kantor Pencarian dan Pertolongan Bengkulu. Terdapat beberapa agenda dalam kunjungan tersebut diantaranya melakukan pengarahan kepada pegawai.

Jenderal bintang tiga ini mengatakan, agenda kunjungannya untuk meninjau segala kebutuhan yang ada di Kantor Pencarian dan Pertolongan Bengkulu.

"Kita datang kesini ingin mengetahui kondisi, bagaimana kerjasama dengan pemerintah daerah, melihat peralatan serta kesiapan personil," ujar Kepala Basarnas RI.

Henri Alfiandi menambahkan, bahwa saat ini letak geografis Bengkulu yang begitu lengkap, maka kedepannya akan ada penambahan alat baik itu terjadi gempa, ataupun kecelakaan laut dan juga kurangnya personil menjadi permasalahan yang ada di Indonesia.

BACA JUGA:Maling Celengan Masjid dan Laptop Sekolah, 5 Tersangka Diamankan

“Bengkulu sendiri merupakan daerah rawan akan gempa, serta kecelakaan laut, pegunungan serta tsunami. Kami dari pusat pelan-pelan akan menambah alat dan personil, utamanya penambahan apabila terjadi gempa. Saat ini seluruh Indonesia memiliki masalah yang sama dengan kurangnya personil, pasalnya 1 personil menangani 80.000 orang, jadi seluruh Indonesia anggota Basarnas ada 4.029 personil sedangkan penduduk Indonesia ada 270.000 juta,” tambahnya.

Sebanyak 74 kapal akan disiapkan tahun depan, untuk keseluruhan kantor Basarnas yang ada di Indonesia nantinya dan akan dibagikan berdasarkan data terjadinya kecelakaan laut.

“Prioritas peralatan untuk di Bengkulu akan kita tambahkan kapal yang berkemampuan menembus ombak hingga 5 meter, di tahun depan yang saat ini kita upayakan. Kami sedang melakukan proses dan pengadaan sebanyak 74 kapal cepat, ringan dan peralatan lengkap, yang akan kita bagikan untuk seluruh Indonesia berdasarkan statistik kecelakaan kapal," tambah Kabasarnas.

BACA JUGA:Penganiaya Guru Silat Mengaku Kesal Diusir dan Dipukul Korban

Rangkaian Kunjungan dilanjutkan dengan meninjau peralatan dan gudang yang dimiliki oleh kantor Pencarian dan Pertolongan Bengkulu, sebelum bertolak melanjutkan kunjungan ke daerah lainnya.

Berikut pejabat yang ikut mendampingi Kabadan dalam kunjungan kerja :

1. Deputi Bidang Sarana dan Prasarana, dan Sistem Komunikasi Pencarian dan Pertolongan (Deputi Bidang Sarpras Siskom) Marsekal Muda TNI F. Indra Jaya.

2. Deputi Bidang Operasi Pencarian dan Pertolongan Dan Kesiapsiagaan (Deputi Bidang Ops dan Siaga), Laksamana Muda TNI Eko Ribut S.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: