Mencegah Penyakit saat Banjir, Begini Caranya….

Mencegah Penyakit saat Banjir, Begini Caranya….

tips mencegah penyakit saat banjir--(Sumber Foto: Doc/Betv)

Maka dari itu, penting untuk menerapkan cara yang tepat agar terhindar dari berbagai penyakit tersebut.

Berikut tips untuk mencegah penyakit saat banjir.

1. Menjaga Kebersihan Diri

Air banjir banyak membawa sampah dan kotoran yang mengandung banyak bakteri. Oleh karena itu, senantiasa jaga kebersihan diri dengan selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum makan dan setelah bab. Mencuci pakaian yang terkena air banjir dengan air bersih, serta mandi dan membersihkan diri setelah beraktivitas di luar.

2. Konsumsi Makanan yang Sehat dan Higienis

Penyakit pencernaan mudah menyerang ketika banjir, salah satu penyebab utama adalah kontaminasi bakteri melalui makanan. Untuk itu, penting untuk selalu menjaga kebersihan makanan agar tetap higienis. Jangan makan sembarangan dan cuci buah atau sayur dengan air bersih terlebih dahulu. 

3. Menghindari Genangan Air

Air yang dibawa banjir tidak hanya mengandung lumpur, melainkan juga membawa banyak bakteri penyebab berbagai penyakit, terutama penyakit kulit. Untuk itu, carilah tempat yang kering dan bersih. Gunakan pakaian tertutup dan sepatu karet saat banjir melanda agar menghindari infeksi penyakit kulit. Tutup luka dengan perban dan jauhkan agar tidak terkena air banjir.

BACA JUGA:Diancam Suami, Istri Melapor ke Polisi

4. Gunakan Air Bersih

Saat banjir melanda pasokan air bersih sulit didapatkan, namun usahakan untuk tetap mengggunakan air bersih untuk mandi, mencuci, dan minum air putih. Rebus air terlebih dahulu agar kuman terbunuh atau gunakan klorin untuk memurnikan air.

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Berbagai penyakit ketika banjir juga dapat disebabkan oleh gigitan nyamuk. Genangan air adalah tempat terbaik bagi nyamuk untuk bertelur. Oleh karena itu, bersihkan semua tempat yang memungkinkan adanya genangan air untuk mencegah perkembangbiakan nyamuk. Bila perlu gunakan obat anti nyamuk, baik obat oles maupun obat semprot.

6. Memperkuat Imunitas dengan Suplemen dan Vaksin

Bila diperlukan konsumsi suplemen seperti vitamin C serta lakukan vaksinasi untuk mencegah penyakit yang kemungkinan akan menyerang seperti influenza dan hepatitis. Vitamin dapat dikonsumsi secara oral atau juga dapat disuntikkan secara berkala.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: