dempo

Pelayanan Dukcapil Seluma Dikeluhkan Lamban, Alasannya Gangguan Jaringan Internet

Pelayanan Dukcapil Seluma Dikeluhkan Lamban, Alasannya Gangguan Jaringan Internet

Ketua DPRD Kabupaten Seluma, Nofi Eriyan Andesca--(Sumber Foto: Jul/BETV)

BENGKULU, BETVNEWS - Lantaran banyaknya keluhan dari masyarakat terkait proses pengerusan dokumen ataupun pembuatan kependudukan.

Ketua DPRD Seluma, Nofi Eritan Andesca dengan tegas meminta Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Seluma meningkatkan pelayanan yang prima kepada masyarakat.

Terlebih sudah banyak laporan yang masuk laporan yang masuk terkait lambannya pelayanan di dinas tersebut.

BACA JUGA:Menurunkan Berat Badan hingga Mencegah Pembentukan Batu Empedu, Ini 8 Manfaat Teh Kulit Apel Bagi Kesehatan

"Sudah banyak masukan yang mengeluhkan pelayanan Dukcapil, ada yang sudah menunggu seharian, bahkan ada juga yang harus dilanjutkan keesokan harinya. Itupun ternyata belum selesai," kata Nofi, Selasa 23 Januari 2024.

Lanjutnya, beragam alasan yang diterima warga, mulai dari gangguan jaringan signal, gangguan listrik dan sebagainya sehingga Dukcapil tidak bisa mengurus keperluan warga.

"Bayangkan saja jika ada warga datang dari jauh terlebih di desa pelosok, harus menunggu lama saat pelayanan, bahkan banyak yang tidak selesai hari itu dan harus mengulang lagi dikemudian hari. Jadi pelayanan kepada masyrakat harus ditungkatkan," sambungnya.

Menurut Nofi, beberapa waktu yang lalu Dukcapil pernah disidak oleh Bupati terkait laporan masyrakat terhadap pelayanan yang terkesan lamban dan tidak ramah, seharusnya itu dijadikan motivasi untuk meningkatkan pelayanan.

"Dinas tersebut kan pernah disidak Bupati, seharusnya berkaca dari sebelumnya untuk meningkatkan kinerja pelayanan terhadap masyarakat, bukan sebaliknya," tambahnya.

BACA JUGA:Paylater Kredivo Bisa Kredit Pinjaman Hingga Limit Rp50 Juta, Pastikan Syarat Ini Terpenuhi dan Coba Aktifkan

Ketua menyarankan, Pemkab Seluma mengevaluasi kinerja Dinas tersebut, karean tidak adanya perubahan, setelah disidak.

Berdasarkan laporan yang masuk masih banyak tumpukan dokumen yang belum terselesaikan di Dukcapil.

"Tentunya harus di evaluasi kinerja mereka semua, kalau terus seperti itu tidak sesuai dengan slogan seluma melayani," tutupnya Nofi.
(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: