Tradisi Tahunan Warga Lunjuk Seluma, Nyemplung ke Tebat Ratu 'Nangguak' Ikan

Senin 26-06-2023,14:17 WIB
Reporter : Wisnu
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Warga Desa Lunjuk Kecamatan Seluma Barat, nyemplung ke Tebat Ratu 'nangguak' ikan atau dalam bahasa Indonesia menangkap ikan dengan menggunakan tangguk.

Kegiatan ini merupakan tradisi tahunan yang dilakukan oleh warga Desa Lunjuk, menjelang hari Raya Idul Adha setiap tahunnya.

Hal ini diungkapkan oleh Pengki Suwanto, Kepala Desa Lunjuk, yang menyatakan bahwa kegiatan ini memang sudah mentradisi dan dilakukan jelang Idul Adha.

BACA JUGA:TERBARU! Ini 5 Jurusan Kuliah yang Dibutuhkan dan Punya Peluang Tinggi Lolos Seleksi CPNS 2023

"Kegiatan tradisi nangguak ikan ini, memang sudah menjadi tradisi kita di Desa Lunjuk setiap tahun, saat mendekati perayaan hari raya Idul Adha," sampai Kades Pengki, Senin 26 Juni 2023.

Untuk diketahui, bahwa Tebat Ratu merupakan wisata yang ada di Desa Lunjuk, sehingga memang kegiatan ini sebagai salah satu khas di wisata tersebut.

BACA JUGA:Pemuda Tewas Ditusuk Saat Pesta Penikahan di Rejang Lebong! Begini Kronologinya

Oleh karena itu, kedepan ia berharap Pemkab Seluma dapat memasukan kegiatan tradisi Nangguak ini, masuk ke dalam Calender Of Even Kabupaten Seluma, untuk mewujudkan Seluma yang lebih baik.

"Harapannya, semoga kegiatan tradisi rutin setiap tahun ini dapat dimasukan Pemkab Seluma kedalam Calender Of Even Kabupaten Seluma," imbuhnya.

BACA JUGA:Kisah Malaikat Jibril Menjelma Jadi Sahabat Nabi Saat Bertemu Rasulullah SAW, Begini Sosoknya!

Hal senada, juga disampaikan warga sekitar Sabri mengatakan, ia merasa bangga dapat merasakan kebahagian tradisi nangguak ikan ini, dimana kegiatan tersebut memang dilakukan turun temurun dari leluhurnya terdahulu.

Hanya saja, karena wisata Tebat Ratu ini belum memiliki fasilitas yang lengkap, maka ia berharap, untuk pihak terkait, dapat melakukan pembangunan di wisata tersebut.

BACA JUGA:Jelang Idul Adha, Jonaidi, SP dan Anggota DPRD Seluma Salurkan Sembako Kepada Masyarakat

"Untuk Pemerintah Seluma saya harap dapat melakukan pembangunan di wisata Tebat Ratu kami ini, dan untuk Dinas Perikanan dapat memberikan bibit ikan di area wisata," ungkapnya

Disisi lain, Kadis Perikanan Kabupaten Seluma Zuraini mengatakan, ia cukup bangga dengan adanya kegiatan nangguak ikan yang dilaksanakan oleh masyarakat Desa Lunjuk ini. 

Kategori :