5 Rekomendasi Novel Terbaik Karya Andrea Hirata, Ada Laskar Pelangi, Sudah Baca?

Selasa 06-02-2024,22:10 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Kisah ini menceritakan tentang masa SMA ketiganya yang penuh dengan kenakalan, namun di saat bersamaan ketiganya mulai berani bercita-cita sehingga novel ini membawa kisah dengan tema persahabatan dan juga keberanian. 

BACA JUGA:Butuh Buku Rekomendasi Traveling? Yuk Coba Baca 'The Naked Traveller', Nikmati Keseruan Perjalanannya!

3. Edensor

Setelah laskar pelangi dan sang pemimpi, novel terbaik selanjutnya adalah Edensor yang merupakan novel ketiga dari tetralogi Laskar Pelangi. 

Di dalam novel ini mengisahkan tentang perjalanan Ikal dan Arai di Eropa saat keduanya mengenyam pendidikan di sana. Di tempat itu pula keduanya menemukan makna hidup yang sebenarnya. 

Novel ini menggambarkan tentang petualangan yang penuh tantangan kegembiraan, kesedihan, keberhasilan, dan juga kegagalan sehingga banyak pesan moral yang dapat diambil melalui karya yang satu ini. 

BACA JUGA:Self Improvement Dapat Dipahami dengan Membaca Buku, Cek di Sini Rekomendasinya!

4. Maryamah Karpov

Rekomendasi novel karya Andrea Hirata selanjutnya adalah Maryamah Karpov yang dirilis pada tahun 2008 lalu. 

Novel ini merupakan kelanjutan dari kisah edensor dan menceritakan tentang masa ketika Ikal sudah pulang ke Indonesia setelah mengelilingi separuh dunia. 

Di dalam novel ini, Andrea Hirata mengisahkan tentang perjalanan kisah cinta antara Ikal dan A Ling dimana keduanya mencari perjalanan tentang arti cinta sejati. 

BACA JUGA:5 Tips Agar Tidak Mudah Lelah Saat Membaca Buku

Di buku ke empat ini, kembali diceritakan nasib dari para anggota Laskar pelangi sehingga novel ini menghadirkan cerita yang mengharukan dan penuh makna. 

5. Guru Aini

Setelah selesai dengan novel Laskar Pelangi serta tiga buku lanjutannya, rekomendasi selanjutnya adalah novel berjudul Guru Aini. 

Novel ini menceritakan tentang kisah kehidupan Desi yang merupakan seorang guru matematika yang mengajar di sekolah pelosok atas keinginannya sendiri sehingga sosok Desi digambarkan sebagai sosok seorang guru yang memiliki dedikasi yang tinggi.

Kategori :