Berpeluang Masuk Timnas Indonesia U-23 Lawan Guinea, Ini Profil dan Biodata Elkan Baggott Sang Bek Andalan

Sabtu 04-05-2024,17:10 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Elkan Baggott memiliki tubuh yang jangkung dengan tinggi mencapai 1,94 meter.

Elkan menghabiskan masa kecilnya di Thailand lalu pindah ke Indonesia pada tahun 2008, setelah itu ia terpilih sebagai kapten tim sepak bola di sekolahnya yaitu British International School Jakarta. 

BACA JUGA: Bikin Ngiler! Gaji Megawati Hangestri Melejit usai Perpanjang Kontrak di Red Sparks

Elkan Baggott juga mengikuti klub sepakbola di Jakarta sebagai wajah untuk menyalurkan ketertarikannya di dunia sepakbola hingga ia akhirnya pindah ke Inggris pada 2011. 

Meski ia lahir di Thailand, Elkan justru memulai karier sepakbola di Inggris dan Ipswich Town menjadi klub pertama dimana ia menimba ilmu sebagai pemain bola. 

BACA JUGA:Balik ke Klub, Justin Hubner Absen di Play Off Olimpiade Paris 2024 Bersama Timnas Indonesia U- 23

Elkan Baggott sempat bermain di banyak klub amatir Inggris seperti King's Lynn, Gillingham FC dan juga Cheltenham Town sebelum ia diorbitkan ke tim senior Ipswich Town.

Elkan mulai menarik perhatian penggemar sepakbola pada masa peminjaman di Gillingham FC pada musim 2022-2023 lantaran ia berhasil mengantarkan timnya ke babak empat Piala Liga Inggris. 

BACA JUGA:Fantastis! Segini Estimasi Gaji Wasit Piala Asia U-23, Shen Yinhao Berapa?

Elkan Baggott juga merupakan pemain asal Indonesia pertama yang melawan tim kasta tertinggi Liga Inggris meski ia harus mendulang kekalahan dengan skor 2-0. 

Dalam dunia sepakbola tanah air, Elkan Baggott melakukan permainan debutnya di Timnas Indonesia dan melawan Afganistan pada laga persahabatan di 16 Novermber 2021 lalu. 

BACA JUGA:Respect! Ini 10 Wasit yang Paling Disegani di Dunia, Siapa Saja?

Saat itu, Elkan menggantikan Victor Igbonefo yang mengalami cedera pada menit ke-70. Setelah itu ia terpilih menjadi bagian dari Timnas Indonesia di Piala AFF pada tahun 2020 hingga berhasil mencetak gol kontra Malaysia dan berakhir sebagai runner up usai kalah melawan Thailand. 

Elkan sendiri telah bermain penuh selama 90 menit di laga FIFA Matchday kontra Argentina, Palestina, Burundi dan Curacao. 

BACA JUGA:Profil Shin Tae Yong, Pelatih Timnas Indonesia U-23 yang Berhasil Bawa Garuda Muda ke Piala Asia 2024

Jika bergabung dalam laga playoff Indonesia melawan Guinea mendatang ini, Elkan Balgott dianggap akan memberikan dampak positif dengan memberikan kekuatan dan juga opsi yang lebih dalam di pertandingan ini.

Kategori :