Cegah Kanker hingga Atasi Masalah Rambut, Ini 8 Manfaat Air Rebusan Daun Salam untuk Kesehatan

Selasa 14-05-2024,22:30 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Meski dikenal sebagai bahan masakan, ternyata manfaat minum air rebusan daun salam sangat beragam terutama untuk kesehatan tubuh. 

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini 8 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Salah Satunya Kontrol Gula Darah

Daun salam sendiri merupakan salah satu jenis rempah yang seringkali digunakan sebagai bahan masakan dan juga obat-obatan terutama oleh masyarakat yang masih menggunakan pengobatan tradisional.

Hal ini karena daun salam berkhasiat untuk mencegah berbagai macam penyakit yang mengancam tubuh. Khasiat ini diperoleh dari beberapa kandungan yang ada di dalamnya. 

BACA JUGA:Sayang Dilewatkan! Ini Cara Merebus dan Resep Daun Salam untuk Kesehatan, Cek di Sini

Daun salam mengandung beragam nustrisi yang penting untuk tubuh seperti vitamin A, vitamin B6, vitamin C, serat, magnesium serta zat besi. 

Tidak hanya itu, daun salam juga mengandung beragam senyawa bioaktif seperti a-terpineol, geranyl acetate dan eugenol yang selain memberikan aroma khas juga memiliki sifat antiseptik, antioksidan hingga antikanker. 

BACA JUGA:Cegah Serangan Jantung hingga Atasi Kulit Kering, Ini 10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

Berkat kandungan tersebut,  terdapat beberapa manfaat dapat diperoleh dari air rebusan daun salam ini, yaitu sebagai berikut :

Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan

1. Mencegah Kanker

Daun salam mengandung zat antikanker sehingga dapat mencegah penyakit yang satu ini berkat kombinasi senyawa organik di dalam daun salam seperti fitonutrien, katekin, linalool, serta perthenolide dan antioksidan membantu melindungi tubuh dari efek radikal bebas penyebab kanker. 

Mengonsumsi ekstrak daun salam dapat mengurangi resiko terjadinya kanker payudara dan kanker kolorektal dengan menghambat pertumbuhan sel kanker dan memberikan perlindungan untuk tubuh.

BACA JUGA:10 Manfaat Daun Salam untuk Kesehatan, Salah Satunya Bisa Mencegah Serangan Jantung, Yuk Cek Khasiat Lainnya

2. Mencegah Pikun

Kategori :