3 Cara Atasi Depresi pada Anak, Buat Mereka Rasakan Kehadiran Orang Tua

Senin 03-06-2024,15:46 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Untuk itu, berikut telah BETV rangkum dari beberapa sumber informasi mengenai cara untuk mengatasi depresi ini agar dapat kamu simak dalam artikel ini. 

BACA JUGA:5 Tanda Orang Tua Terlalu Keras pada Anak, Nomor 4 Paling Sering Dilakukan

Cara Mengatasi Depresi pada Anak

1. Psikoterapi

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan psikoterapi yang bertujuan untuk melatih dan juga membimbing pasien untuk dapat mengenali perasaan, kondisi, dan juga pikiran yang dialaminya. 

Salah satu jenis psikoterapi yang biasanya digunakan untuk mengatasi masalah depresi ini adalah Cognitive Behavioral Therapy atau CBT.

BACA JUGA:Lakukan Sejak Dini! Ini 7 Tips Didik Anak Agar Cerdas, Salah Satunya Kenali Gaya Belajar Mereka

Terapi ini ada dan bertujuan untuk dapat membantu pasien agar dapat menghadapi masalah yang mereka miliki dengan sikap dan juga perilaku yang positif. 

2. Mengonsumsi Obat-obatan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk mengatasi depresi ini adalah dengan mengonsumsi obat-obatan. Namun hal ini hanya dilakukan apabila psikoterapi yang dilakukan kurang optimal untuk memperbaiki kondisi anak. 

BACA JUGA:Orang Tua, Ketahui 5 Tips Bangun Hubungan Baik dengan Anak Ini, Coba Dengarkan Mereka

Biasanya jenis obat-obatan yang umum yang digunakan merupakan obat-obatan golongan selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI), yaitu kelompok obat yang dapat meningkatkan kadar hormon serotonin di dalam otak sehingga membantu meningkatkan perasaan bahagia.

3. Pendampingan dari Orang Tua

Jika anak mengalami depresi, penting bagi orang tua untuk mendampingi orang tua karena peran mereka sangat penting untuk dapat mengatasi depresi dan juga gangguan mental pada mereka. 

BACA JUGA:6 Tips Didik Anak Agar Percaya Diri, Nomor 1 Sering Diabaikan

Tidak hanya itu, orang tua juga harus meluangkan waktu lebih banyak untuk dapat mendengarkan cerita anak dan juga mengajak mereka untuk melakukan aktivitas yang digemari. 

Kategori :