Mengenal Istilah Toxic Parents, Orang Tua yang Didik Anak dengan Cara 'Beracun', Kamu Salah Satunya?

Jumat 07-06-2024,12:51 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Mengenal istilah toxic parents penting bagi para orang tua lantaran istilah yang satu ini masih menjadi istilah yang asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. 

BACA JUGA:6 Tips Parenting Ala Nikita Willy, Salah Satunya Jadi Sosok yang Selalu Ada untuk Anak

Sama seperti namanya, istilah toxic parents diartikan sebagai orang tua yang 'beracun' dalam melakukan pengasuhan atau menerapkan pola asuh pada anak. 

Perilaku toxic ini sendiri diartikan sebagai sikap yang sering dilakukan oleh seseorang yang tanpa disadari dapat merugikan orang lain atau dirinya sendiri. 

BACA JUGA:Parents, Yuk Deteksi Speech Delay pada Anak Sejak Dini! Ini Tandanya

Di dalam dunia parenting, sikap toxic yang dilakukan oleh orang tua dikenal dengan sebuat toxic parenting, yaitu penerapan pola asuh orang tua dengan perilaku tidak baik dan berdampak buruk pada anak. 

Dampak buruk yang ditimbulkan ini dapat berpengaruh pada mental maupun pada fisik anak. 

BACA JUGA:Parents, Yuk Kenali Ciri-ciri Anak Alami Depresi, Mudah Marah hingga Terus Gelisah

Setiap orang tua tentunya menginginkan yang terbaik bagi anak mereka, termasuk orang tua yang menerapkan toxic parenting ini pada anak-anaknya. 

Orang tua yang menerapkan toxic parenting ini beranggapan jika apa yang mereka lakukan adalah untuk yang terbaik bagi anak-anaknya, namun hal tersebut justru dapat menyakiti hati sang anak. 

BACA JUGA:4 Gaya Parenting yang Perlu Diketahui Orang Tua, Apa Dampaknya pada Anak?

Biasanya toxic parents merupakan orang tua yang overprotektif, memiliki espektasi yang terlalu tinggi pada anak, memiliki sikap egois, dan seringkali menghukum anak dengan kekerasan. 

Sebagai orang tua, tentu sikap toxic seperti ini harusnya dihindari lantaran hal ini akan menjadi penyakit yang pada akhirnya berdampak pada pertumbuhan anak. 

BACA JUGA:Parents, 7 Tips Ini Bisa Bantu Kamu Didik Anak Jadi Cerdas, Yuk Terapkan Dari Sekarang!

Toxic parents juga dapat menyebabkan trauma pada anak yang dapat berdampak buruk pada mereka di masa depan hingga tidak menutup kemungkinan jika anak juga akan melakukan tindakan serupa saat mereka menjadi orang tua nantinya. 

Kategori :