6 Bahaya Toxic Parents yang Wajib Diketahui, Bisa Bikin Anak Rendah Diri

Senin 17-06-2024,20:53 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Sebagai akibatnya, anak tidak akan segan untuk menyalahkan diri mereka sendiri jika melakukan sesuatu yang mereka anggap gagal dalam hidup mereka. 

BACA JUGA:6 Cara Jitu Atasi Kecanduan Game Online pada Anak, Peran Orang Tua Dibutuhkan

4. Anak Menjadi Sulit Percaya atau Memiliki Trust Issue

Bahaya selanjutnya yang dapat ditimbulkan oleh anak dengan orang tua yan toxic adalah mereka yang tidak mudah percaya lantaran mereka tumbuh di lingkungan yang tidak bisa memberikan rasa aman dan nyaman. 

Oleh sebab itu, hal ini membuat mereka menjadi tidak mudah percaya dan mudah merasa cemas yang tentunya merugikan mereka. 

BACA JUGA:Orang Tua, Yuk Kenali 5 Penyebab Anak Kecanduan Gadget Ini, Cegah Sebelum Terlambat

5. Memiliki Hubungan yang Tidak Sehat

Bahaya lainnya yang ditimbulkan oleh toxic parents ini akan terbawa hingga mereka menjalin hubungan. Anak yang dibesarkan oleh toxic parents beresiko memiliki hubunga asmara yang tidak sehat. 

Hal ini terjadi lantaran anak tersebut telah terbiasa hidup dengan hubungan yang tidak sehat di dalam rumah mereka. 

BACA JUGA:Anak Terlanjur Obesitas? Atasi dengan Cara Mudah Ini, Dukungan Orang Tua Jadi yang Utama

6. Beresiko Menjadi Orang Tua Toxic

Bahaya berikutnya dalah bahaya jangka panjang dan sering terjadi. Anak yang dibesarkan oleh toxic parents akan menjadi orang tua yang toxic pula saat mereka memiliki anak nantinya. 

Mereka nantinya bisa menjadi monster bagi anak mereka dimasa mendatang, mereka tidak memiliki kepercayaan diri yang utuh dalam mengasuh dan membesarkan anak lantaran perasaan rendah diri di dalam diri mereka. 

BACA JUGA:Orang Tua Wajib Tahu! Ini Sederet Tanda Anak Alami Obesitas, Salah Satunya Leher Terlihat Pendek

Demikian 6 bahaya toxic parents pada anak yang perlu diketahui. Hindari perilaku ini agar dapat melindungi anak di masa pertumbuhannya dan di masa depan. Semoga informasi ini bermanfaat!(*)

Kategori :