Waspadai 6 Penyakit yang Kerap Muncul di Musim Hujan, Ada Flu hingga Penyakit Kulit

Rabu 10-07-2024,01:00 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Terdapat beberapa penyakit yang muncul di musim hujan yang perlu kamu waspadai mengingat curah hujan dalam beberapa waktu terakhir ini meningkat. 

BACA JUGA:Diguyur Hujan Berjam-jam, 24 Titik di Kota Bengkulu Terendam Banjir

Perubahan musim yang seringkali terjadi di Indonesia menyebabkan hujan terus turun di beberapa wilayah dan dapat berlangsung selama berhari-hari lamanya. 

Bukan hanya itu, perubahan cuaca yang tidak menentu juga mulai dirasakan sehingga musim peralihan atau lebih dikenal dengan sebutan musim pancaroba ini dimulai. 

BACA JUGA:BMKG: Ini Daerah dengan Curah Hujan Paling Ekstrem di Kota Bengkulu

Saat musim hujan, masyarakat biasanya harus mulai mempersiapkan diri terhadap beberapa potensi yang dapat muncul, seperti banjir, hawa dingin hingga kemungkinan terjangkit penyakit yang muncul saat musim hujan. 

Untuk itu, penting untuk mengenali penyakit yang biasa muncul saat musim hujan untuk meningkatkan tingkat kewaspadaan dan memulai langkah pencegahan yang tepat. 

BACA JUGA:Hujan Deras Semalaman, 30 Rumah di Desa Cahaya Negeri Terendam Banjir

BETV telah merangkum beberapa jenis penyakit yang kerap muncul saat musim hujan tiba. Apa saja? Simak informasinya dalam artikel berikut.

Penyakit Yang Kerap Muncul Saat Musim Hujan

1. Flu

Flu adalah penyakit yang paling umum terjadi di dalam masyarakat. Penyakit ini juga seringkali terjadi saat musim hujan. 

BACA JUGA:Kota Bengkulu Dilanda Hujan Deras, BPBD Terjunkan Personel Evakuasi di Wilayah Rawan Banjir

Penyakit ini merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus influenza yang menyerang sistem pencernaan manusia dan dapat memicu pneumonia apabila terjadi komplikasi. 

Penyebaran penyakit flu terjadi melalui bersin, batuk ataupun menyentuh benda yang telah terkontaminasi virus. Untuk mencegah penyakit ini, kamu perlu rajin mencuci tangan sehabis menggunakan kamar mandi atau setelah beraktivitas dari luar ruangan. 

Kategori :