Sering Alami Kelelahan Ekstrim? Bisa Jadi Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium, Cek Tanda Lainnya

Jumat 12-07-2024,11:45 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Terdapat beberapa tanda tubuh kekurangan kalsium yang perlu kamu kenali agar dapat diatasi sejak dini sebelum memunculkan beragam masalah kesehatan lainnya.  

BACA JUGA:Cukupi Asupan Kalsium dengan 10 Daftar Makanan Ini, Ada Susu hingga Kacang Almond

Hal ini lantaran kalsium merupakan salah satu mineral yang sangat diperlukan oleh tubuh sehingga penting untuk memastikan asupannya selalu terpenuhi. 

Kalsium tidak hanya berperan untuk pembentukan tulang dan gigi namun juga penting untuk proses pembekuan darah, membantu otot untuk berkontraksi termasuk untuk mengatur irama jantung normal dan juga fungsi saraf. 

BACA JUGA:Bumil Wajib Tahu! Ini Manfaat Kalsium untuk Kehamilan, Ampuh Cegah Baby Blues Pasca Melahirkan

Bukan hanya itu, kalsium juga tidak dapat diproduksi oleh tubuh sehingga kamu dapat memperoleh kalsium dengan mengonsumsi banyak makanan yang mengandung tinggi kalsium seperti susu atau makanan lainnya. 

Kekurangan kalsium di dalam tubuh dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang sama sekali tidak boleh diabaikan, masalah ini dapat berkaitan dengan otot, tulang, dan juga gigi bahkan dapat berdampak pada kesehatan jantung.  

BACA JUGA:5 Manfaat Kalsium untuk Kesehatan Tubuh, Bisa Cegah Kanker Usus hingga Turunkan Resiko Batu Ginjal

Dalam jangka pendek, kekurangan kalsium pada tubuh ini tidak akan menunjukkan gejala lantaran tubuh dapat mempertahankan kadar kalsium dengan mengambilnya dari tulang. 

Namun apabila terus dibiarkan, maka kondisi ini akan semakin parah dan dapat menyebabkan dampak buruk yang berbahaya bagi kesehatan di masa yang akan datang. 

BACA JUGA:7 Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium, Adanya Masalah Otot hingga Depresi

Untuk itu, penting mengetahui tanda-tanda tubuh kekurangan kalsium agar dapat mencegah kondisi ini menjadi semakin parah dan menemukan cara mengatasinya dengan cepat. 

Lantas apa saja tanda-tanda tubuh kekurangan kalsium ini? Berikut informasinya telah BETV rangkum dalam artikel ini. 

BACA JUGA:Waspada! Ini 5 Efek Samping Kelebihan Kalsium pada Tubuh, Bisa Sebabkan Gangguan Jantung

Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium

Kategori :