Sering Alami Kelelahan Ekstrim? Bisa Jadi Tanda Tubuh Kekurangan Kalsium, Cek Tanda Lainnya

Jumat 12-07-2024,11:45 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

5. PMS Parah

Tanda kekurangan kalsium parah selanjutnya adalah munculnya gejala sindrom pramenstruasi yang parah sehingga dapat terasa menyakitkan bagi sebagian dari mereka. 

Rendahnya kadar vitamin D dan juga kalsium pada paruh kedua siklus menstruasi dapat berkontribusi pada gejala PMS. Oleh sebab itu, biasanya wanita dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen kalsium untuk dapat meredakan gejala ini. 

BACA JUGA:Berikut 10 Makanan dan Minuman Berkalsium Tinggi Baik untuk Kesehatan Tulang, Nomor 9 Bikin Kaget!

Meski demikian, pastikan untuk berkonsultasi pada dokter terlebih dahilu sebelum mengonsumsi suplemen atau obat-obatan tertentu. 

6. Masalah pada Gigi

Jika kamu mengalami masalah pada gigi, maka hal ini bisa menjadi tanda jika tubuh kekurangan kalsium lantaran kekurangan kalsium ini menyebabkan tubuh mengambilnya dari sumber seperti tulang dan gigi. 

BACA JUGA:Terlanjur Alami Osteoporosis? Lakukan Pengobatan dengan Cara Ini

Beberapa masalah yang terjadi pada gigi akibat kekurangan kalsium ini di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Kerusakan gigi
  • Gigi rapuh
  • Gusi yang teriritasi
  • Akar gigi yang lemah

BACA JUGA:5 Cara Cegah Osteoporosis, Lakukan Sejak Dini Jika Tidak Ingin Menyesal

Perlu menjadi catatan bagi orang tua jika masalah ini terjadi pada bayi, maka kondisi ini dapat mengganggu perkembangan gigi mereka. 

7. Depresi

Tanda berikutnya yang dapat terlihat saat tubuh kekurangan kalsium adalah adanya gangguan mood hingga depresi. Namun perlu menjadi catatan jika hal ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. 

Selain beberapa tanda di atas, terdapat beberapa tanda yang lebih ekstrim yang mungkin dialami oleh sebagain besar orang jika mengalami defisiensi kalsium ini seperti kejang, aritmia, bahkan kematian. 

BACA JUGA:Ampuh Menurunkan Risiko Depresi, Cek Manfaat Lain Kunyit yang Jarang Diketahui Ini

Demikian 7 tanda tubuh kekurangan kalsium yang perlu kamu waspadai dan kenali sejak dini. Cukupi kebutuhan kalsium harian untuk mencegah gejala ini semakin parah. Semoga bermanfaat!(*)

Kategori :