Ini 5 Jenis Buah yang Baik untuk Pengidap Asam Lambung, Salah Satunya Pisang

Jumat 12-07-2024,14:00 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Pisang termasuk salah satu buah yang baik dikonsumsi pengidap asam lambung, yuk simak penjelasan selengkapnya di sini.

Seperti yang diketahui, asam lambung adalah masalah kesehatan yang disebabkan oleh naiknya cairan asam di dalam lambung yang kemudian membuat perut sesak, menimbulkan rasa mual, bahkan hingga muntah.

Saat asam lambung naik, pengidap tidak dapat mengkonsumsi sembarang makanan karena dapat memperparah gejala. Oleh karena itu kamu harus memperhatikan jenis makanaan yang baik dikonsumsi saat asam lambung naik.

BACA JUGA:Berkhasiat Tapi Menimbulkan Bahaya Jika Dikonsumsi Berlebih, Ini 5 Efek Samping Brokoli untuk Kesehatan

Kamu perlu dapat meredakan rasa mual tersebut dengan makanan yang lembut dan tidak asam namun kaya serat seperti buah.

Ada beberapa buah yang bisa dikonsumsi saat asam lambung naik seperti buah pisang, melon, atau pepaya.

Buah tersebut memiliki kadnungan serat, kalsium, magnesium dan enzim papain yang efektif meredakan rasa mual akibat asam lambung naik.

Melansir dari hellosehat.com, berikut buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambung:

BACA JUGA:Berikut Sederet Manfaat Brokoli untuk Kesehatan, 5 Penyakit Ini Dijamin Teratasi

1. Pisang

Buah yang aman dikonsumsi penderita asam lambug yang pertama adalah pisang. Hal tersebut karena pisang memiliki kadar asam yang rendah sehingga aman dikonsumsi oleh penderita asam lambung.

Diketahui kadar keasaman satu buah pisang berkisar 4,5 – 5,2 pH. 

Selain aman dikonsumsi penderita asam lambung, buah pisang ternyata dapat menetralisasi asam lambung dan meminimalisir terkena maag.

Buah pisang memiliki tekstur yang lembut dan diperkaya dengan kandungan kalium sehingga efektif memulihkan fungsi lambung.

Tidak hanya itu, kandungan serat yang terdapat di dalam buah pisang berfungsi untuk melancarkan dan mengatasi masalah pencernaan pada penderita asam lambung.

Kategori :