7 Manfaat Lari Pagi untuk Kesehatan, Dapat Menjaga Kekuatan Otot hingga Memperbaiki Mood

Sabtu 13-07-2024,08:35 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Ada banyak jenis olahraga pagi yang dapat dilakukan dan memiliki manfaat untuk kesehatan. Salah satunya lari, yang diketahui dapat menjaga kekuatan otot hingga memperbaiki mood.

Lari pagi atau dikenal dengan jogging ini, menjadi salah satu rutinitas olahraga ringan yang banyak orang lakukan. Pasalnya hanya perlu berlari dan menjaga keseimbangan tubuh.

Lari memang bisa dilakukan kapan saja, dan tentunya dapat membuatmu terlatih untuk memiliki ketahanan tubuh yang baik. Namun, baiknya olahraga ini dilakukan di waktu yang tepat sesuai jadwal.

BACA JUGA:Habis Beraktivitas Lapangan Haus? Ini 7 Rekomendasi Minuman Sehat Bagus Dikonsumsi Setelah Berolahraga

Memulai hidup sehat tidak hanya memperhatikan asupan makanan saja, kamu juga bisa melakukan olahraga ringan secara rutin di pagi hari.

Dengan olahraga lari ini, tubuh akan menjadi terasa lebih bugar dan bisa dilakukan siapa saja, mulai dari anak-anak sampai orang tua. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa manfaat lari pagi yang baik untuk kesehatan yang perlu diketahui.

1. Menjaga kekuatan otot

Bukan hanya lari di sore hari saja, diketahui lari pagi juga memiliki manfaat untuk menjaga kekuatan otot.

Hal ini dapat dirasakan saat kamu berlari menggunakan intensitas tinggi dan durasi pendek. Dengan kata lain kamu melakukan lari cepat dalam waktu singkat.

BACA JUGA:6 Tips Diet Sehat Ampuh untuk Pria, Coba Pilih Olahraga yang Tepat

Kamu bisa mencoba berlari cepat dalam waktu 20 detik, kemudian berjalan pelan (jogging) sekitar 2 menit. Ulangi keduanya sebanyak 6 kali.

Hal tersebut dapat dilakukan, bahkan kamu bisa meningkatkan intensitasnya jika sudah terbiasa.

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Ingin terhindar dari penyakit jantung? Ayo olahraga lari pagi minimal 5 menit setiap hari bisa mengurangi risiko kamu terkena penyakit kardiovaskular.

Kategori :