Sering Dijadikan Bahan Masakan, Ternyata Ini 7 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Senin 15-07-2024,01:00 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Ternyata ada banyak sekali manfaat belimbing wuluh untuk kesehatan sehingga kamu bisa menggunakan buah yang satu ini dan memperoleh manfaatnya. 

BACA JUGA:Cobain 5 Resep Minuman Olahan Belimbing Ini, Segar dan Mudah Dibuat

Bukan hanya itu saja, buah ini juga seringkali digunakan sebagai obat untuk mengobati berbagai macam penyakit. 

Belimbing wuluh sendiri merupakan tanaman asli Asia Tenggara dan banyak tumbuh di beberapa wilayah seperti Indonesia, Malaysia, Filipina dan wilayah lainnya.

BACA JUGA:7 Manfaat Daun Belimbing Wuluh yang Jarang Orang Tahu, Ampuh Mengatasi Gigi Berlubang

Belimbing wuluh memiliki nama latin Averrhoa bilimbi L dan seringkali digunakan sebagai tumbuhan untuk pengobatan tradisional seperti untuk pengobatan penyakit menular dan tidak menular.  

Tanaman ini biasanya digunakan sebagai tanaman herbal untuk pengobatan. Banyak yang memanfaatkan tanaman belimbing wuluh baik dari buah, daun hingga bunga untuk mengobati beragam penyakit. 

BACA JUGA:7 Fakta Menarik Buah Belimbing yang Jarang Diketahui, Kaya Serat dan Vitamin C

Hal ini lantaran di dalam belimbing wuluh terdapat banyak kandungan mineral seperti fosfor, kalsium dan juga zat besi serta kaya akan antioksidan dan zat bersifat astringen. 

Tidak hanya itu, buah ini juga mengandung karbohidrat, protein, serat, vitamin C, vitamin B, flavonoid, saponin, dan juga tanin yang ada dalam proporsi yang seimbang. 

BACA JUGA:Ternyata Ini 6 Manfaat Buah Belimbing untuk Kesehatan, Mampu Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Berkat kandungan tersebut, berikut telah BETV rangkum beberapa manfaat belimbing wuluh untuk dapat kamu simak dalam artikel ini. 

Manfaat Buah Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

1. Mengatasi Darah Tinggi (Hipertensi)

Buah yang memiliki cita rasa asam ini ternyata memiliki manfaat untuk mengontrol hipertensi dan menekan tekanan darah di dalam tubuh. 

Kategori :