Sering Dijadikan Bahan Masakan, Ternyata Ini 7 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Senin 15-07-2024,01:00 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BACA JUGA:5 Ide Olahan Buah Belimbing yang enak, Sop Belimbing Ayam Laos Paling Direkomendasikan

Manfaat ini diperoleh berkat kandungan antioksidan dan juga protein yang ada di dalam belimbing wuluh. Kedua kandungan ini dapat menurunkan tekanan darah tinggi atau hipertensi saat dikonsumsi. 

Kandungan ini bekerja dengan melebarkan arteri, vena dan juga kapiler serta merelaksasi otot jantung sehingga peredaran darah akan menjadi lebiih lancar. 

BACA JUGA:Cakap Cerahkan Kulit Secara Merata, Masker Belimbing Tawarkan 8 Manfaat Ini untuk Wajah

Tak hanya itu, kandungan antioksidan yang ada di dalam belimbing wuluh juga dapat menangkal radikal bebas yang seringkali menjadi sumber dari berbagai macam penyakit. 

2. Mengobati Wasir

Manfaat buah belimbing wuluh yang selanjutnya adalah untuk mengobati wasir. Hal ini diperoleh karena efek anti-inflamasi yang kuat di dalam belimbing wuluh, yaitu tanin dan terpenoid. 

BACA JUGA:Baik Bagi Pengidap Maag, Buah Belimbing Tawarkan 5 Manfaat Ini untuk Kesehatan

Kedua senyawa ini membantu mengurangi pembengkakakn di pembuluh darah anus dan rektum atau lebih dikenal dengan istilah wasir. 

Kamu dapat memperoleh manfaat ini dengan cara mengoleskan ekstrak buah dan daun belimbing wuluh ke area yang bengkak dan membiarkan efeknya bekerja. 

BACA JUGA:5 Manfaat Belimbing Wuluh Untuk Kecantikan, Ampuh Cerahkan Wajah hingga Atasi Penuaan Dini, Yuk Coba!

Dengan menggunakan cara ini dapat mengurangi rasa sakit, pembengkakan dan juga pendarahan sehingga akan menyembuhkan penyakit wasir. 

3. Mengobati Batuk dan Pilek

Belimbing wuluh juga bermanfaat untuk mengobati batuk dan pilek karena kandungan etanol yang ada di dalamnya. 

BACA JUGA:7 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan, Salah Satunya Ampuh Obati Wasir

Pengobatan batuk pilek dengan belimbing wuluh ini telah ada dan dilakukan oleh masyarakat Brazil sejak tahun 1878. Pengobatan ini menjadi pengobatan alternatif yang dibarengi dengan beristirahat yang cukup. 

Kategori :