4 Cara Self Healing yang Perlu Kamu Lakukan, Bikin Diri Sendiri Jadi Lebih Tenang

Senin 15-07-2024,08:31 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

Dengan mencari lebih banyak mengenai kecerdasan emosi ini, latih diri dalam mengenali berbagai emosi dan mengelola secara ideal, sehingga dapat memahami mengenai diri sendiri dan setelahnya bisa pula memahami orang lain.

Terkoneksi dengan spiritualitas diri sangat diperlukan, dapat melakukannya dengan cara meditasi, berdoa, beribadah, serta apapun yang dapat membuat kita percaya.

BACA JUGA:Bunda, Ajarkan 5 Cara Ini Agar Anak Cintai Diri Sendiri, Buat Mereka Merasa Berharga

2. Luangkan waktu bersama orang yang penting dalam hidup

Dari buku “The Blue Zones:Lessons for Living Longer from the People Who’ve Lived the Longest”.

Di mana buku tersebut meneliti tentang lima daerah dengan penduduk yang berumur panjang dan memiliki nilai kualitas hidup yang baik.

Selain dengan makanan sehat, rahasia sebagian banyak orang dapat mengontrol emosi dan stres yakni dengan terkoneksi atau menjalin hubungan sosial berkualitas kepada mereka yang berarti.

BACA JUGA:7 Tanda Bahwa Kamu Sekarang Sedang Mencintai Diri Sendiri, Salah Satunya Punya Waktu untuk Me Time

3. Journaling (menulis)

Cara selanjutnya, kamu bisa menggunakan journaling (menulis) untuk bisa menumpahkan segala rasa dan keresahan yang selama ini terpendam dalam hati maupun pikiran.

Caranya cukup mudah dengan menuliskan emosi yang dirasakan, seperti dari kegelisahan, ketakutan, kecemasan, hingga kesedihan. Bahkan juga dari perasaan yang bahagia, menyenangkan, bangga dan lain sebagainya.

Menulis merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan dalam berkomunikasi pada diri sendiri. Sehingga menumbuhkan sikap untuk jujur, percaya serta mengedepankan perasaan yang ada.

BACA JUGA:Hati-hati, 4 Tanda Ini Bisa Jadi Kamu Tanpa Sadar Melukai Diri Sendiri, Salah Satunya Pura-pura Bahagia

Secara tidak langsung jika dilakukan rutin dapat membantumu lebih mengenali, mengakui, hingga melakukan suatu validasi bahkan dapat mempertanyakan apa yang sedang dirasakan.

Dalam hal ini juga dapat mempengaruhi perkembangan emosi dan pemulihan diri dengan baik.

4. Ekspresi dengan seni (musik, gambar, teater)

Kategori :