Lesu Selama Masa Kehamilan, Ini 9 Gejala Anemia pada Ibu Hamil yang Harus Diwaspadahi

Senin 15-07-2024,13:00 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Sering merasa lesu selama masa kehamilan menjadi salah satu gejala anemia pada ibu hami, yuk simak ulasan selengkapnya di sini.

Anemia merupakan masalah kesehatan yang diakibatkan oleh kurangnya produksi sel darah merah di dalam tubuh. Mengalami aenemia pada saat hamil sangat bahaya bagi ibu dan janin.

Kurangnya sel darah merah mengakibatkan pasokan oksigen ke seluruh tubuh berkurang sehingga oragan tubuh tidak dapat menjalankan tugasnya dengan optimal.

Selain itu, kurangnya sel darah merah dapat diakibatkan oleh kurangnya konsumsi zat besi, vitamin B12, dan folat selama hamil.

BACA JUGA:Ampuh Jaga Kesehatan Mata, Ini 6 Manfaat Buah Kedondong yang Jarang Diketahui

Salah satu gejala anemia pada ibu hamil adalah lesu. Dikatakan sebelumnya bahwa saat produksi sel darah merah tidak maksimal maka oksigen yang seharusnya diangkut ke seluruh tubuh tidak optimal sehingga bahan terasa lesu dan mudah lelah.

Selain itu, ibu hamil yang mengalami anemia juga akan mengalami gejala berupa sakit kepala, sesak napas, jantung berdebar, kulit pucat, dan lesu

Oleh karena itu, ibu hamil wajib mengetahui gejala anemia selama masa kehamilan agar dapat mengambil tindakan yang tepat sebelum anemia merusak perkembangan janin.

BACA JUGA:Sering Dijadikan Bahan Masakan, Ternyata Ini 7 Manfaat Belimbing Wuluh untuk Kesehatan

Melansir dari siloamhospital.com, berikut ciri-ciri anemia pada ibu hamil:

1. Lesu

Gejala anemia pada ibu hamil yang pertama adalah lesu. Seperti yang dikatakan sebelumnya bahwa ketika sel darah merah tidak optimal maka pasokan oksigen ke seluruh organ berkurang, hal inilah yang membuat organ-organ dalam tubuh tidak dapat berfungsi dengan maksimal.

Akibatnya tubuh merasa lelah dan lesu. Kondisi ini tentu saja sangat bahaya untuk ibu hamil dan janin yang dikandung.

BACA JUGA:Sumber Nutrisi Baik, Inilah Beragam Manfaat Kacang Hijau Bagi Kesehatan, 10 Penyakit Ini Auto Hempas

2. Pusing atau Sakit Kepala 

Kategori :