5 Resep Olahan Buah Bit Lezat, Ada Kelepon hingga Tumis Sosis Tahu

Selasa 16-07-2024,11:30 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Buah bit dapat diolah menjadi hidangan lezat yang menggugah selera, yuk simak resepnya di sini.

 

Buah bit merupakan salah satu buah yang berasal dari daerah Mediterania dan dapat tumbuh subur pada dataran tinggi atau sekitar 1000 m di atas permukaan laut.

Pada zaman Yunani dan Romawi buah bit kerap diolah menjadi ramuan tradisional untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Namun di sisi lain buah bit juga dapat disulap menjadi hidangan sedap yang menggugah selera.

BACA JUGA:5 Minuman Simple dan Segar Ini Wajib Dicoba, Cek Resep Olahan Buah Semangka di Sini

Salah satu hidangan lezat yang dapat dibuat dari buah bit adalah kelepon atau camilan tradisional yang berbentuk bulat dan berisi gula merah di dalamnya.

Telepon cukup populer di Indonesia dan sangat disukai karena rasanya yang lezat dan lumer di mulut. Tidak hanya itu buah bit juga dapat diolah menjadi sup, puding, donat, hingga lauk tumisan.

Warnanya yang merah membuat hidangan buah bit sangat menarik dan unik. Melansir dari halaman resmi fimela.com, berikut resep olahan lezat dari buah bit:

BACA JUGA:Cara Membuat Bihun Goreng Simple dan Enak, Resep Masakan Rumahan yang Perlu Dicoba

1. Klepon Buah Bit

Olahan lezat dari buah bit yang pertama adalah kelepon. Seperti yang disampaikan sebelumnya hidangan satu ini merupakan sembilan tradisional yang sangat populer di Indonesia dan digemari hampir semua kalangan mulai dari anak kecil hingga orang dewasa.

Rasanya manis dan teksturnya empuk, jika biasanya kelepon berwarna hijau maka saat dibuat dengan buah bit, warnanya akan menjadi merah.

Hidangan satu ini tidak hanya lezat pun juga baik bagi penderita kolesterol karena buah bit memiliki berbagai kandungan dan vitamin yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan, yuk simak bahan dan cara membuatnya di bawah ini.

BACA JUGA:Cobain 5 Olahan Semangka Ini, Bikin Resep Semangka Bakar hingga Salad Buah Enak

Bahan yang diperlukan:

  • 200 gram buah bit
  • 200 gram tepung ketan
  • 50 gram tepung beras
  • 1/2 sdt garam
  • 1 bungkus vanilli
  • 1/2 buah kelapa parut setengah tua taburi 1/4 sdt garam, kukus
Kategori :