Dikenal Sering Bikin Kembung, Ini 5 Manfaat yang Ditawarkan Sayur Kol untuk Kesehatan

Selasa 16-07-2024,12:27 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BACA JUGA: Goreng Tepung hingga Karage, Ini 5 Resep Olahan Kembang Kol Rekomendasi untuk Menu Sarapan

Manfaat Sayur Kol untuk kesehatan

1. Turunkan peradangan

Manfaat sayur kol yang pertama adalah untuk menurunkan peradangan di dalam tubuh berkat kandungan antosianin di dalamnya yang merupakan antioksidan alami. 

Antioksidan ini tidak hanya berperan untuk menambah warna pada buah dan sayuran namun juga dapat mengurangi peradangan [ada manusia, termasuk peradangan kronis yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya. 

BACA JUGA:7 Manfaat Kembang Kol untuk Kesehatan, Kendalikan Berat Badan hingga Tangkal Radikal Bebas

2. Tingkatkan Kesehatan Pencernaan

Manfaat sayur kol yang berikutnya adalah untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Manfaat ini diperoleh lantaran sayuran yang satu ini kaya akan kandungan serat. 

Sayuran ini penuh dengan serat tidak larut yang ramah usus serta mengandung sejenis karbohidrat yang tidak dapat dipecah di usus. 

BACA JUGA:Pengidap GERD Wajib Tahu, 7 Sayur Ini Picu Asam Lambung, Kol Termasuk

Kandungan serat tidak larut inilah yang dapat menjaga kesehatan sistem pencernaan dengan melakukan penyerapan air ke dalam feses sehingga proses buang air besar menjadi lebih mudah dan teratur. 

Bukan hanya itu saja, kol juga kaya akan serat larut yang dapat meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus karena serat ini menjadi makanan untama bagi bakteri baik seperti bifdobacteia dan lactobacili. 

BACA JUGA:Cakap Optimalkan Kekebalan Tubuh, Ini 10 Manfaat Lain Sayur Kol untuk Kesehatan

3. Optimalkan Kekebalan Tubuh

Sayur kol juga dapat mengoptimalkan kekebalan tubuh lantaran sayuran yang satu ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi yang telah dikenal lama bermanfaat bagi tubuh. 

Kandungan ini bermanfaar untuk membentuk kolagen dan juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak hanya itu, vitamin C ini juga dapat membantu tubuh untuk menyerap zat besi dari nabati. 

Kategori :