7 Siswa SD/MI Ikuti Lomba Bertutur se-Provinsi Bengkulu, Juara Pertama Bakal Dikirim ke Nasional

Selasa 16-07-2024,12:52 WIB
Reporter : Tri Imron
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu menggelar lomba bertutur bagi siswa-siswi SD/MI se-Provinsi Bengkulu tahun 2024, pada Selasa 16 Juli 2024 di Ruang Pertemuan. 

Perlombaan yang bertema 'Tingkatakan Budaya Baca Anak Dengan Bertutur' diikuti oleh 7 peserta yang mewakili kabupaten/kota masing-masing.

BACA JUGA:Tingkatkan Standar Pelayanan Publik, Loka POM Rejang Lebong Gelar FKP Lintas Kabupaten

Diantaranya yaitu Amira Azzahra Putri mewakili Kabupaten Bengkulu Selatan, Jelita Nurmala Kabupaten Kaur, Kirana Haninunnisa Zohri Kota Bengkulu, Stevany Najwa Khayra Rosa Kabupaten Lebong, Fira Rahmatania Kabupeten Bengkulu Tengah, Celynka Mayenora Kaizani Kabupaten Rejang Lebong, Sisilia Novriani Simanjorang Kabupaten Mukomuko.

Dari 7 peserta, yang berhasil mendapatkan juara pertama akan dikirim ke nasional mewakili Provinsi Bengkulu di Jakarta pada 9 September nanti.

BACA JUGA:Festival Tabut 2024 Resmi Ditutup, Gubernur: Semoga Tahun Depan Lebih Meriah

Hal ini disampaikan oleh Hj Wardaniar M.Pd. Penanggung Jawab Lomba, Kabid Deposit Pengembangan Koleksi Layanan dan Pelestarian Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Bengkulu. 

Ia mengatakan, sistem penilaian juri dalam perlombaan adalah vokal, penguasaan panggung, cerita yang 85% harus memakai bahasa Indonesia dan 15% memakai bahasa daerah.

BACA JUGA:Optimalkan Penanganan Perkara Koneksitas, Kejaksaan RI Gandeng TNI Gelar Diklat Pembekalan SDM

"Nanti juara pertama akan kita kirim ke tingkat nasional untuk mewakli Provinsi Bengkulu. Tentunya untuk penggunaan bahasa ini sangat penting sebab di perlombaan nasional nanti juri akan bingung dengan cerita, jika peserta dominan menggunakan bahasa daerah," ujar Hj Wardaniar M.Pd.

BACA JUGA:Pedagang Baju Sablon di Festival Tabut Raup Omzet Puluhan Juta per Hari

Lanjutnya, untuk hadiah perlombaan berupa uang pembinaan, piala, bingkisan dari Dinas DPK serta sertifikat yang ditandatangani oleh Gubernur Bengkulu. 

"Hadiah dari perlombaan ini nanti akan kita berikan piala, uang tunai, bingkisan serta piagam yang ditandatangani Gubernur Bengkulu," ujarnya saat wawancara dengan BETVNEWS, Selasa 16 Juli 2024.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Beri Catatan Pelaksanaan Ibadah Haji 2024

Tambahnya, perlombaan ini diadakan untuk mempersiapkan generasi muda agar menjadi panutan, agen perubahan, serta meningkatkan gemar membaca bagi siswa-siswi sekolah dasar. 

Kategori :