Mengenal Penyakit Parkinson, Gangguan Saraf yang Tak Bisa Disembuhkan, Apa Itu?

Rabu 17-07-2024,12:45 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Mengenal penyakit parkinson sebagai salah satu penyakit yang bersifat progresif dan dialami oleh ratusan ribu orang di Indonesia menjadi salah satu langkah untuk mencegah penyakit ini terjadi. 

BACA JUGA:5 Cara Mengatasi Stres pada Lansia, Salah Satunya Tetap Terhubung dengan Orang Lain

Jumlah penderita penyakit parkinson ini seperti yang dilansir dari lama prudential.co.id, diperkirakan berkisar sekitar 200.000 hingga 400.000 orang pada tahun 2023 lalu. 

Penyakit parkinson sendiri merupakan penyakit neurodegeneratif yang terjadi akibat proses penuaan pada sistem saraf yang menyebabkan penderitanya dapat mengalami gangguan motorik dan juga keseimbangan tubuh. 

BACA JUGA:Perubahan Gaya Hidup hingga Kondisi Sekitar Tak Mendukung, Ini 5 Penyebab Stres pada Lansia

Penyakit yang satu ini adalah sebuah kondisi medis yang dapat mempengaruhi kemampuan tubuh seseorang dalam mengontrol gerakan dan juga keseimbangan tubuh mereka. 

Penyakit ini disebut sebagai penyakit progresif lantaran kondisi yang dialami dapat berkembang secara perlahan dan juga memburuk seiring berjalannya waktu. 

BACA JUGA:Sering Dialami Lansia, Ini Penyebab Penyakit Alzheimer dan Faktor Resikonya

Biasanya gejala awal penyakit parkinson ini akan muncul sebelum usia 40 tahun namun rata-rata kan mula menyerang penderitanya di usia 65 tahun ke atas. 

Meski sering menyerang orang tua, namun penyakit yang satu ini dapat pula menyerang mereka yang ada di usia muda. 

BACA JUGA:Waspada! 7 Penyakit Ini Rentan Serang Lansia, Ada Hipetensi hingga Katarak

Parkinson ditandai dengan gemetar pada tangan, kaki, ranang, atau kepala serta adanya kekakuan otot dan sulit untuk bergerak atau berjalan. 

Penderita penyakit parkinson akan mengalami kesulitan dalam mengontrol gerak tubuh, mempertahankan posisi tubuh dan juga kesulitan untuk menghentikan gerakan tertentu. 

BACA JUGA:Hindari Penyakit, Ini 7 Tes Kesehatan yang Perlu Rutin Dilakukan Lansia

Gejala dari penyakit parkinson ini biasanya muncul sevara perlahan seperri tremor yang hampir tidak terlihat pada satu tangan. 

Kategori :