Sering Mengalami Batuk Kering? Coba Lakukan 6 Cara Mudah Ini, Dijamin Bisa Meredakan

Senin 22-07-2024,08:43 WIB
Reporter : Annisa
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS  - Ada berbagai jenis batuk yang cukup mengganggu, salah satunya jika kamu mengalami batuk kering. Tidak perlu khawatir, karena terdapat beberapa cara mudah mengatasinya dan dijamin bisa meredakan.

Walau bukan penyakit berbahaya, hanya saja kamu tetap untuk mewaspadai. Pasalnya batuk kering jika dibiarkan begitu saja akan mengganggu istirahat atau rutinitas harian lainnya.

Setiap orang bisa terkena masalah kesehatan ini, umumnya batuk kering ditandai dengan gejala batuk secara terus menerus, kesulitan bernapas, sulit untuk menelan, rasa nyeri dan mengganjal di tenggorokan, hingga batuk berdarah.

BACA JUGA:Inilah Daftar Makanan Pemicu Asam urat dan Kolesterol, Hindari Jika Tak Ingin Kesehatanmu Terganggu

Kerap kali batuk muncul sebab gejala penyakit yang dialami, misalnya flu, demam, atau karena penyakit lainnya. Tak heran jika batuk ini cukup mengganggu.

Bahkan batuk kering kerap disertai dengan sensasi geli atau gatal di tenggorokan, hal tersebut cukup membuat jengkel. Diketahui selain pengobatan medis, batuk ini bisa diatasi dengan memanfaatkan bahan herbal.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut beberapa cara mudah yang dapat kamu coba untuk mengatasi batuk kering.

BACA JUGA:Intip Ragam Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan, Jitu Menyembuhkan Batuk Pilek Salah Satunya

1. Madu

Selanjutnya kamu bisa menggunakan madu untuk meredakan batuk kering. Hal ini karena madu mempunyai kandungan antioksidan, demulcent, dan antiinflamasi.
Seperti demulcent, kandungan ini dapat berefek untuk pelindung dan penenang tenggorokan sebab peradangan atau iritasi.

Selain itu, madu juga memiliki zat analgesik yang bisa meredakan nyeri tenggorokan saat batuk kering maupun batuk berdahak.

BACA JUGA:7 Manfaat Buah Peach untuk Kesehatan, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Salah Satunya

Kamu bisa mengonsumsinya dengan cukup satu sendok madu saja. Lebih nikmat lagi jika mencoba mencampurkan madu dengan teh hangat atau perasan air lemon.

2. Air putih

Selain madu, air putih juga bisa menjadi alternatif untuk meredakan batuk kering. Dengan mengonsumsi air putih minimal 8 gelas per hari, bisa mengurangi penumpukan lendir, meredakan iritasi, hingga melembapkan tenggorokan.

Kategori :