Beeturia hingga Gangguan Lambung, Ini 6 Efek Samping Konsumsi Buah Bit Berlebih

Senin 22-07-2024,13:30 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

Efek samping konsumsi buah bit berlebih berikutnya adalah batu ginjal. Hal ini dapat terjadi karena buah bit memiliki kandungan kalsium dan mineral yang dapat meningkatkan konsentrasi oksalat.

BACA JUGA:Efektif Tingkatkan Stamina, Buah Bit Tawarkan 10 Manfaat Ini untuk Kesehatan

Hal tersebut dapat membentu batu dalam ginjal yang akhirnya menimbulkan masalah kesehatan cukup serius.

Dengan demikian, buah bit tidak dianjurkan dikonsumsi berlebih apalagi untuk seseorang yang memiliki masalah ginjal.

3. Ruam

Efek samping makan buah bit selanjutnya adalah mengalami ruam. Kondisi ini dapat terjadi karena seseorang memiliki alergi terhadap buah bit.

Selain ruam, ada beberapa reaksi alergi yang dapat ditimbulkan mulai dari gatal, biduran, sesak napas, demam, hingga menggigil.

BACA JUGA:7 Manfaat Kacang Almond untuk Kesehatan, Ampuh Kontrol Gula Darah hingga Turunkan Berat Badan

4. Feses berubah warna

Selain ruam, mengkonsumsi buah bit berlebih juga dapat membuat feses berubah warna. Tidak hanya urine, namun fases juga dapat berubah warna ketika mengkonsumsi buah bit berlebih.

Hal tersebut karena buah bit memiliki kandungan batasianin yang tinggi sehingga ketika dicernah, warna aslinya tetap terlihat.

Kondisi ini sebenarnya tidak terlalu berbahaya karena jika konsumsi buah bit dihentikan saat itu juga dan mulai makan makanan lain, maka warna feses akan kembali normal.

BACA JUGA:Cakap Redakan Gangguan Pernapasan, Pare Tawarkan 10 Manfaat Ini untuk Kesehatan

5. Tekanan darah rendah

Efek samping konsumsi buah bit lainnya adalah tekanan darah menjadi rendah. Dengan begitu pengidap darah rendah atau anemia tidak dianjurkan makan buah bit secara berlebihan.

Hal tersebut karena buah bit memiliki kandungan yang cakap menurunkan tekanan darah, kandungan tersebut memang sangat baik dikonsumsi pengidap darah tinggi atau hipertensi namun tidak dengan pengiap darah rendah karena akan menimbulkan berbagai permasalahan kesehatan seperti pusing, pucat, lecu, hingga pungsan.

Kategori :