9 Manfaat Air Rebusan Kayu Manis untuk Kesehatan, Ramuan Herbal Penjaga Daya Tahan Tubuh

Senin 22-07-2024,17:00 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BETVNEWS - Air rebusan kayu manis merupakan salah satu ramuan herbal yang efektif jaga daya tahan tubuh, simak ulasan selengkapnya di sini.

Kayu manis merupakan kulit dari pohon penghasil rempah. Tanaman ini dapat tumbuh subur didataran tinggi atau sekitar 2000 meter di atas permukaan laut.

Cinnamomum atau kayu manis awalnya berasal dari Myanmar dan sangat populer di Indonesia. Awalnya kayu manis digunakan sebagai rempah untuk menguatkan aroma pada suatu hidangan. Namun berkat kandungan baik yang tersimpan di dalamnya, kayu manis dapat diolah menjadi obat tradisional yang efektif mengatasi berbagai masalah kesehatan.

BACA JUGA:Inilah Daftar Makanan Pemicu Asam urat dan Kolesterol, Hindari Jika Tak Ingin Kesehatanmu Terganggu

Adapun kandungan yang dimiliki air rebusan kayu manis adalah serat, zat besi, fosfor, kalsium, dan berbagai sifat antioksidan lainnya.

Kandungan nutrisi yang terdapat pada kayu manis dipercaya dapat menjadi solusi untuk berbagai masalah kesehatan seperti, menurunkan berat badan, meredahkan nyeri haid, menjaga daya tahan tubuh dan masalah kesehatan lainnya.

Melansir dari siloamhospitals.com, kayu manis mengandung nutrisi dan manfaat di bawah ini.

Kandungan Kayu Manis

  • Energi: 6,42 kkal.
  • Karbohidrat: 2,1 gram.
  • Kalsium: 26,1 miligram.
  • Kalium: 11,2 miligram.
  • Zat besi: 0,21 miligram.
  • Fosfor: 1,66 miligram.
  • Magnesium: 1,56 miligram.
  • Vitamin A: 0,39 mikrogram.

BACA JUGA:Intip Ragam Manfaat Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan, Jitu Menyembuhkan Batuk Pilek Salah Satunya

Manfaat kayu manis untuk kesehatan 

1. Membantu Menurunkan Berat Badan

Kayu manis dipercaya dapat membantu turunkan berat badan. Hal ini karena senyawa yang terkandung di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme sehingga bisa memaksimalkan pembakaran lemak di dalam tubuh.

Tidak hanya itu, kayu manis dapat mengoptimalkan proses pencernaan lemak dan karbohidrat di dalam tubuh sehingga nafsu makan terjaga dengan baik.

2. Meredakan Nyeri Haid

Meminum rebusan air kayu manis ternyata dapat membantu redahkan nyeri perut saat haid, senyawa antispasmodik pada kayu manis dapat memberikan efek releksasi pada otot rahim yang berkontraksi selama periode menstruasi.

Kategori :