Waspadai 5 Efek Samping Konsumsi Vitamin D Berlebihan Ini, Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

Jumat 26-07-2024,09:31 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Efek samping berikutnya yang dapat terjadi jika kamu terlalu banyak mengonsumsi vitamin D adalah mengalami masalah pencernaan umum seperti sakit perut, sembelit, dan juga diare. 

Hal ini bisa terjadi terutama jika kamu mengomsumsi suplemen vitamin D dalam jumlah yang tinggi dan tanpa aturan yang jelas. 

BACA JUGA:Sengketa Berlanjut, Ahli Waris Pasang Kawat Berduri di Lahan Proyek Dinas PUPR Provinsi Bengkulu

BACA JUGA:Ini 5 Bahan Dapur Efektif Mengatasi Jerawat dan Noda Hitam di Wajah, Tertarik Coba?

5. Peningkatan Kalsium dalam Darah


--(Sumber Foto: iStockPhoto)

Konsumsi vitamin D berlebihan berbanding lurus dengan meningkatnya kadar kalsium di dalam darah. Oleh sebab itu, asupan vitamin D yang berlebihan di dalam tubuh dapat meningkatkan kadar kalsium di dalam darah. 

Jika kondisi ini sampai terjadi, maka kamu akan mengalami beberapa efek negatif seperti gangguan pada pencernaan, kelelahan, pusing, haus, dan juga sering buang air kecil. 

Jika kamu sampai mengalami kondisi kelebihan kalsium ini, maka jika kamu menghentikan konsumsi suplemen sekalipun, memerlukan waktu setahun untuk dapat menormalkan kembali kadar kalsium di dalam darah. 

BACA JUGA:2 Cara Mudah Bikin Masker Mentimun, Efektif Bikin Glowing dan Awet Muda Sejak Pemakaian Pertama

BACA JUGA:Dinas PMD Provinsi Bengkulu Terima 30 Pendaftar Beasiswa Kuliah Gratis Aparatur Desa

Demikian 5 efek samping mengonsumsi vitami D berlebihan bagi tubuhmu. Pastikan untuk tetap mengonsumsi suplemen apapun dalam batas yang wajar, ya! Semoga bermanfaat.

Kategori :