Waspadai 5 Efek Samping Konsumsi Vitamin D Berlebihan Ini, Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

Jumat 26-07-2024,09:31 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

Bukan hanya itu saja, kadar kalsium yang tinggi juga dapat menyebabkan ginjal bekerja lebih keras dalam menyaring darah yang jika terus dibiarkan dapat merusak fungsi ginjal. 

2. Mual, Muntah, dan Hilangnya Nafsu Makan

Kelebihan vitamin D di dalam tubuh juga dapat menyebabkan berbagai masalah pada pencernaan dan juga mempengaruhi pola makan seseorang. 

Mereka yang mengonsumsi vitamin D berlebihan atau dalam dosis tinggi dapat mengalami mual, muntah, dan jua kehilangan nafsu makan. 

Bukan hanya itu, remaja perempuan juga dapat mengalami mual dan penurunan berat badan setelah mengonsumsi suplemen vitamin D berlebihan dan tidak sesuai dengan yang diperlukan tubuh. 

BACA JUGA:Kota Bengkulu Masuki Puncak Musim Kemarau, Dinas Pertanian Siapkan Langkah Antisipasi

BACA JUGA:6 Makanan dan Minuman Ini Sebabkan Darah Rendah, Sayur Bayam Salah Satunya

3. Gagal Ginjal


--(Sumber Foto: iStockPhoto)

Efek samping lainnya yang ,ungkin terjadi jika kamu terlalu bayak mengonsumsi vitamin D adalah masalah pada ginjal seperti gagal ginjal. 

Hal ini lantaran tingginya kadar vitamin D ini menyebabkan kadar kalsium menjadi tinggi pula atau dikenal dengan sebutan hiperkalsemia. 

Kondisi ini dapat menyebabkan tubuh kehilangan kadar air serprti membuat tubuh terus buang air kecil dan juga mengalami masalah pengapuran ginjal. 

Jika tubuh mengalami hiperkalsemia, maka kondisi ini dapat menyebabkan pembuluh darah ginjal menyempit dan menyebabkan penurunan pada fungsi ginjal. 

BACA JUGA:Inilah 6 Bahan Alami dan Cara Jitu Mengatasi Jerawat, Kulit Wajah Auto Mulus

BACA JUGA:20 Penerima Beasiswa Ketua Osis Dipersiapkan Jadi Pemimpin Masa Depan

4. Sakit Perut, Sembelit, dan Diare

Kategori :