Waspadai 5 Efek Samping Konsumsi Vitamin D Berlebihan Ini, Bisa Sebabkan Gagal Ginjal

Jumat 26-07-2024,09:31 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Kamu perlu mewaspadai beberapa efek samping konsumsi vitamin D berlebihan untuk tubuh karena hal ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan tubuhmu. 

BACA JUGA:6 Minuman Sehat Ini Cocok Dikonsumsi bagi Kamu yang Punya Masalah Pencernaan, Cek di Sini

BACA JUGA:Intip Sederet Manfaat Vitamin D untuk Ibu Hamil, Bisa Pengaruhi Janin Juga, Lho Bunda!

Vitamin D sejatinya merupakan vitamin yang sangat diperlukan oleh tubuh untuk mendukung berbagai fungsi tubuh termasuk untuk menjaga sistem kekebalan tubuh. 

Namun jika asupan vitamin D di dalam tubuhmu berlebihan, maka hal ini juga tidak baik untuk tubuhmu dan akan memberikan berbagai dampak atau efek samping yang tidak baik untuk kesehatan. 

Oleh sebab itu, penting untuk selalu memastikan asupan vitamin D terpenuhi setiap harinya tanpa melewati batas dosis yang diperlukan oleh tubuh. 

BACA JUGA:7 Manfaat Vitamin D untuk Kesehatan, Ternyata Ampuh Atasi Depresi

BACA JUGA:Demokrat Usung Azhari-Bambang ASB di Pilkada Lebong 2024

Vitamin D sendiri merupakan vitamin yang larut dalam lemak dan bisa disimpan di dalam tubuh untuk waktu yang lama. 

Mengonsumsi vitamin D ini dapat membantu memelihara tubuh lantaran selain baik untuk tulang dan gigi, vitamin D juga bagus untuk memperkuat sistem imun tubuhmu. 

Terdapat dua jenis utama dari vitamin D ini, yaitu yang pertama vitamin D2 (ergocalciferol) yang berasal dari tumbuhan dan bisa ditemukan pada beberapa jenis jamur. 

BACA JUGA:Ini 8 Penyebab Tensi Rendah, Nomor 3 Paling Umum Terjadi

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Kejari Rejang Lebong Tetapkan 3 Tersangka Pembangunan Rumah Gula Aren

Sementara jenis yang kedua adalah vitamin D3 (cholecalciferol) yang ditemukan pada ikan, minyak ikan, kuning telur, dan juga pada sinar matahari. 

Vitamin D ini dapat terbentuk secara alami saat kulit terpapar oleh sinar matahari secara langsung sehingga banyak orang yang menyarankan untuk berjemur di pagi hari agar memperoleh vitamin ini. 

Kategori :