Pembangunan SPAM Regional Kobema 3 Wilayah Dievaluasi Kementerian PUPR, Target Rampung Akhir Tahun

Rabu 14-08-2024,16:29 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Kementerian PUPR melalui Ketua Tim Pemantauan & Evaluasi (TPE) Proyek Strategis Nasional (PSN) melakukan pengecekan dan evaluasi terhadap progres pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Regional Bengkulu Tengah-Kota Bengkulu-Seluma (Kobema) dengan progres pekerjaan mencapai lebih dari 75 persen.

Pembangunan PSN SPAM Regional Kobema ditargetkan selesai pada akhir 2024. Proyek ini dioptimalkan untuk memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat di Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, dan Kabupaten Seluma.

BACA JUGA:Juli 2024, Kasus DBD di Bengkulu Utara Turun Siginifikan

"Kami tentu mengharapkan dukungan terus dari Bapak Gubernur, Bapak Sekda, serta jajarannya agar program ini dapat terus berlanjut hingga mencapai progres 100 persen," sampai Ketua Tim Pemantauan dan Evaluasi (TPE) Proyek Strategis Nasional (PSN) Sekretariat Jenderal Kementerian PUPR, Rina Agustin Indriani, Isnan Fajri, Rabu 14 Agustus 2024.

BACA JUGA:Daun Belimbing Wuluh Ternyata Bisa Jadi Obat Batuk, Cek di Sini Manfaat Lainnya

Rina Agustin juga menambahkan, bersama Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Bengkulu, pihaknya merencanakan untuk melakukan komisioning (uji coba) pada akhir Oktober atau awal November 2024.

Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh proses, mulai dari air baku hingga Instalasi Pengolahan Air (IPAL), serta jaringan sambungan rumah, dapat berfungsi dengan baik.

BACA JUGA:Jelang Bertugas, Calon Paskibraka dan Pasukan 45 Kaur Selaraskan Gerakan

"Dengan demikian, saat peresmian nanti tidak akan ada kendala yang berarti, dan kami berharap cakupan layanan air minum di Provinsi Bengkulu dapat meningkat," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Bengkulu, Isnan Fajri, menyatakan bahwa secara prinsip, Pemprov Bengkulu akan memberikan dukungan penuh terhadap program pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR. 

BACA JUGA:Peringati Hari Pramuka ke-63, Sekdaprov Bengkulu Tekankan Pentingnya Gerakan Pramuka dalam Masyarakat

Kehadiran pemerintah pusat di Bengkulu adalah untuk membangun PSN demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Bengkulu.

"Kami akan mengawal dan selalu bersinergi agar kegiatan PSN ini dapat berjalan lancar, dan pada saat komisioning nanti, kita dapat menyelaraskan pembangunan dari pemerintah pusat, Pemprov Bengkulu, hingga pemerintah kabupaten/kota," ungkap Sekda Isnan.

BACA JUGA:Uji Kesiapan Jelang Pilkada 2024, Polresta Bengkulu Gelar Simulasi Sispamkota

Diketahui bahwa selain pembangunan IPAL dengan kapasitas 380 liter/detik, dalam proyek SPAM Regional Kobema Kapasitas 400 liter/detik tahun 2024 ini juga dibangun pipa Jaringan Distribusi Utama (JDU) Seksi Lubuk Puar-Sebakul dengan panjang sekitar 27 km hingga ke Kota Bengkulu.

Kategori :