Pemkot Bengkulu Catat Sejarah, Gelar Upacara Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI untuk Pertama Kalinya

Sabtu 17-08-2024,17:43 WIB
Reporter : Robi Jalu
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Kota (Pemkot) Bengkulu mencatat sejarah baru dengan menggelar upacara detik-detik proklamasi Kemerdekaan Indonesia untuk pertama kalinya, di halaman Kantor Merah Putih Bengkulu, Sabtu 17 Agusuts 2024.

Detik-detik pembacaan proklamasi dalam upacara bendera Dirgahayu ke-79 RI ditandai dengan bunyi sirine dan letusan senjata api ke atas langit, tepat pukul 09.45 WIB.

BACA JUGA:Lomba Cukuruk hingga Karaoke Meriahkan Hari Kemerdekaan di Kelurahan Padang Serai

Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Pj Walikota Bengkulu Arif Gunadi pada kesempatan itu memimpin berlangsungnya upacara yang dihadiri oleh seluruh Forkopimda Kota Bengkulu, personel TNI, Polri, para veteran, PGRI, seluruh pejabat dan ASN Pemkot Bengkulu. 

Mulai dari Pj Sekda Eko Agusrianto, staf ahli, para asisten, kepala OPD, seluruh kepala BUMD, Camat, Lurah dan para pelajar.

BACA JUGA:Helmi Hasan Dapat Dukungan PKB, Akan Terima Rekomendasi B1Kwk

Teks proklamasi pada upacara tersebut dibacakan dengan lantang oleh Ketua DPRD Kota Bengkulu Suprianto, sesaat setelah sirine dan tembakan senjata api ke atas langit berakhir. 

Kemudian seluruh peserta upacara menyaksikan petugas Paskibraka mengibarkan bendera Merah Putih di tengah lapangan Merah Putih.

BACA JUGA:Polda Bengkulu Gelar Upacara Peringatan HUT ke-79 Kemerdekaan RI

Dengan aba-aba dari komandan upacara Ipda Setiawan, serentak seluruh peserta upacara hormat kepada bendera seiring naiknya sang merah putih ke puncak tiang dengan iringan tabuhan drumbband dan terompet yang terdengar begitu menggelegar.

BACA JUGA:Reward Paskibraka Masih Dirahasiakan, Pj Walikota Bengkulu Sebut Akan Beri Kejutan

Penjabat Walikota Arif Gunadi, mengatakan upacara detik-detik proklamasi ini pertama kalinya diadakan di lingkup Pemkot Bengkulu. 

Ia juga mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaan atas momen bersejarah ini, serta mengajak seluruh warga kota untuk terus memupuk semangat nasionalisme dan berkontribusi dalam pembangunan daerah.

BACA JUGA:Momentum HUT RI ke-79, 1.938 Narapidana di Lapas Bengkulu Terima Remisi

"Hari ini adalah ulang tahun ke-79 RI, Pemkot Bengkulu tahun ini pertama kali mengadakan upacara detik-detik proklamasi di Merah Putih. Dengan momentum ini, kepada warga Kota Bengkulu mari kita bersama-sama untuk membangun Kota Bengkulu ini agar ke depan lebih baik, agar ke depan semua warga kota bisa bahagia," kata Penjabat Walikota Arif Gunadi.

Kategori :