Pemkot Perkuat Layanan Kesehatan dengan Aktifkan Posyandu di Kota Bengkulu

Minggu 08-09-2024,16:05 WIB
Reporter : Robi Jalu
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Kepala Dinas Kesehatan  Kota Bengkulu, Joni Haryadi Thabrani mengatakan bahwa seluruh Posyandu di Kota Bengkulu ditargetkan akan diaktifkan kembali.

Hal ini sesuai instruksi dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) mengharuskan dalam satu RT ada satu posyandu.

BACA JUGA:Erwin Octavian Minta Simpatisan Fokus dan Jangan Terprovokasi Aksi Perusakan 112 Baliho Erjon

"Sama-sama kita ketahui posyandu di Kota Bengkulu ini, sudah lama mati suri karena, karena tidak dianggarkan kemudian banyaknya anggota yang sudah tidak aktif. Sehingga kita menargetkan Posyandu di Kota Bengkulu bisa aktif kembali, kadernya akan kita bina dan difasilitasi lagi," kata Joni Haryadi Thabrani.

BACA JUGA:Gubernur Rohidin Lepas Ribuan Peserta Jalan Sehat HUT RB ke-23, Paslon DISUKA Turut Hadir

Tambah Joni, Pemkot Bengkulu juga telah menyiapkan anggaran untuk transport ataupun honor kader Posyandu dimana akan dialokasikan anggaran operasional per orang atau kader posyandu sebesar Rp250.000 per bulan. 

BACA JUGA:Tim Hukum Minta APH Tindak Tegas Pelaku Perusakan Baliho Erwin-Jonaidi

"Pak Pj Walikota sudah berkomitmen untuk mendukung posyandu ini agar bisa lebih aktif lagi dan dialokasikan Rp250 ribu per orang dan per bulan untuk mendukung. Selama inikan enggak ada," tambahnya.

Lanjut Joni, Dinas Kesehatan Kota Bengkulu berkomitmen akan terus mendata berapa banyak jumlah posyandu yang masih aktif maupun tidak aktif.

BACA JUGA:Dinkes Sosialisasi Pencegahan Cacar Monyet di Pelabuhan dan Daerah Perbatasan Kaur

"Dengan disiapkan anggaran-anggaran nanti, diharapkan akan tumbuh posyandu-posyandu baru, sehingga permasalahan kesehatan-kesehatan masyarakat bisa terdeteksi dan tertanggulangi," sambungnya. 

(Jalu) 

Kategori :