Jambore Literasi Bengkulu 2024: Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda

Senin 09-09-2024,17:05 WIB
Reporter : Ilham Juliandi
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Pemerintah Provinsi Bengkulu menggelar Jambore Literasi 2024 di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Senin 9 September 2024.

Acara ini bertujuan untuk mendorong minat literasi generasi muda dan masyarakat melalui berbagai media, baik digital maupun bacaan konvensional, dengan harapan dapat meningkatkan kreativitas dan daya kritis peserta.

BACA JUGA:Beredar Penerima KIP Jadi Tim dan Relawan Cakada di Medsos, Ini Kata Bawaslu

Kegiatan yang dibuka langsung oleh Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah, diisi dengan berbagai perlombaan.

Di antaranya, lomba bercerita tingkat SMP/MTS, pemilihan duta baca daerah, lomba debat bahasa Indonesia tingkat SMA/SMK/MA, serta lomba pameran berbasis inklusi sosial.

Gubernur Rohidin menyatakan bahwa perpustakaan bukan hanya sekadar gudang buku, tetapi juga merupakan jendela ilmu pengetahuan yang membuka pintu bagi perkembangan intelektual dan kreativitas.

BACA JUGA:Bapaslon Bupati-Wakil Bupati Seluma Diminta Serahkan Foto untuk Dipasang di Surat Suara

"Literasi bukan hanya tentang kemampuan membaca atau mengenal angka numerik. Literasi sejatinya adalah kemampuan seseorang untuk menggali potensi diri yang didasari oleh kecerdasan dan pendidikan, yang pada akhirnya memunculkan kemandirian, kreativitas, dan karya," ujarnya.

BACA JUGA:Pj Walikota Izinkan PPPK Ikuti Tes CPNS Tanpa Harus Mengundurkan Diri, Ini Syaratnya

Ia menambahkan, di tengah derasnya arus informasi, perpustakaan memiliki peran sentral dalam membentuk generasi pemikir kritis, terutama di kalangan anak-anak dan remaja.

"Salah satu kunci dari perpustakaan adalah menyediakan akses yang luas terhadap berbagai bahan bacaan melalui koleksi buku, artikel, dan sumber daya lainnya. Ini menjadi tempat bagi generasi muda untuk mendalami topik-topik yang menantang dan memicu pemikiran kritis, sehingga dapat membentuk sudut pandang yang lebih luas dan mendalam," tambahnya.

BACA JUGA:Antisipasi Gagal Panen, Dispertan Kaur Imbau Petani Tunda Tanam Padi di Musim Kemarau

Selain itu, Gubernur Rohidin menyerahkan bantuan komputer untuk kelurahan dan desa di Provinsi Bengkulu. 

Ia juga meninjau stan pameran dan UMKM yang menyajikan berbagai produk makanan, minuman, serta kerajinan daur ulang. Acara dilanjutkan dengan peresmian Cafe Literasi dan Studio Podcast yang ditandai dengan pemotongan pita.

BACA JUGA:Pedagang TPI Pulau Baai Bengkulu Dibacok Rekan Sendiri Gegara Timbangan

Kategori :