6 Manfaat Kunyit untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Salah Satunya Dukung Fungsi Otak

Minggu 15-09-2024,16:29 WIB
Reporter : Neng Erlin
Editor : Ria Sofyan

BETVNEWS - Manfaat kunyit untuk kesehatan tubuh cukup banyak disebutkan sehingga rempah yang satu ini memang sering digunakan sebagai pengobatan tradisional. 

BACA JUGA:Kasus Tukar Guling Lahan, Pemkab Seluma Masih Tunggu Hasil KJPP

BACA JUGA:Era Gubernur Rohidin: Tenaga Kerja Bongkar Muat di Pulau Baai Lebih Diperhatikan

Kunyit yang memiliki nama ilmiah Curcuma longa ini merupakan salah satu rempah yang telah dikenal dan digunakan sejak zaman kuno. 

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, rempah yang memiliki warna kuning cerahnya yang mencolok ini tidak hanya menjadi bumbu penting dalam berbagai masakan, tetapi juga memainkan peran penting dalam praktik pengobatan tradisional.

Selama berabad-abad, kunyit telah menjadi bagian dari sistem pengobatan tradisional seperti Ayurveda dan pengobatan tradisional Tiongkok. 

BACA JUGA:Inilah 5 Dampak Buruk Memakai Body Lotion Abal-abal, Picu Efek Samping Berbahaya untuk Kulit

BACA JUGA:Cara Membuat Camilan Enak dan Lezat, Cukup Siapkan Bahan Ini! Auto Bikin Ketagihan

Dalam pengobatan Ayurveda ini, kunyit dianggap sebagai 'superfood' yang memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan energi tubuh dan mengatasi berbagai gangguan kesehatan. 

Namun ternyata, kegunaan kunyit dalam pengobatan tradisional tidak hanya didasarkan pada kepercayaan yang dilakukan oleh masyarakat Tiongkok saja, namun saat ini ada banyak penelitian ilmiah modern yang ikut mendukung manfaat kesehatan kunyit ini. 

Kunyit mengandung senyawa aktif yang dikenal sebagai kurkumin yang memberikan warna kuning pada rempah ini dan berkontribusi pada berbagai manfaat kesehatan yang telah banyak diteliti.

BACA JUGA:Body Lotion dengan Kandungan SPF Tinggi, Ini 3 Rekomendasi Terbaiknya, Ada Produk Favoritmu?

BACA JUGA:Ini 6 Cara Atasi Prediabetes pada Tubuh, Mulai Dari Sekarang!

Kurkumin yang merupakan senyawa utama dalam kunyit ini memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang kuat. 

Hal ini berarti kunyit tidak hanya dapat membantu melawan peradangan dalam tubuh, tetapi juga melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Kategori :