7 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan, Nomor 5 Cegah Kanker Usus Besar

Senin 23-09-2024,15:20 WIB
Reporter : Merita
Editor : Wizon Paidi

BACA JUGA:DP3APPKB Provinsi Bengkulu Serahkan Bantuan Sembako untuk Janda Fakir Miskin dan Keluarga Berisiko Stunting

3. Mendukung fungsi penglihatan

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan selanjutnya adalah membantu mendukung fungsi penglihatan.

Kandungan lutein dan zeaxanthin dapat ditemukan di dalam buah kesemek, dimana kandungan ini berfungsi menjaga mata dari degenerasi makula efek dari bertambahnya usia.

Selain itu, kandungan vitamin E juga dimiliki buah kesemek, dengan kandungan tersebut kejernihan mata tetap terjaga meski usia terus bertambah.

4. Buah kesemek meningkatkan kesehatan otak

Selain baik untuk mata, buah kesemekjuga baik untuk otak. Hal tersebut karena sifat antioksidan bernama fisetin terdapat di dalam buah kesemek.

Fisetin berfungsi untuk menjaga kerja otak untuk mengingat memori. Tidak hanya itu, kandungan ini juga dapat mencegah penurunan daya ingat efek dari pertambahan usia.

BACA JUGA:KPU Bengkulu Tengah Tetapkan Nomor Urut 3 Pasangan Calon Bupati-Wabup

BACA JUGA:Ampuh Redakan Sembelit, Ini 8 Manfaat Buah Alpukat yang Jarang Diketahui

5. Mencegah kanker usus besar

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan yang lainnya adalah membantu mencegah kanker usus besar. Kemampuan ini didorong oleh berbagai sifat antioksidan di dalamnya. 

Salah satu yang bertugas untuk mencegah kanker usus besar adalah beta karoten. Kandungan ini berfungsi untuk menghambat pertumbuhan dan penyebaran sel kanker di dalam usus.

6. Mencegah osteoporosis

Manfaat buah kesemek untuk kesehatan berikutnya adalah membantu mencegah osteoporosis. Hal tersebut karena buah kesemek memiliki kandungan kalsium yang mampu meningkatkan kekuatan tulang sehingga tidak mudah kropos.

BACA JUGA:Ini 5 Wilayah Penghasil Beras Terbesar di Indonesia, Nomor 1 Jawa Timur

Kategori :