32 Ton Benih Padi dari Kementan Tiba, Siap Disalurkan kepada Petani di Seluma

Rabu 16-10-2024,14:23 WIB
Reporter : Julyan Pabella
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Sebanyak 32 ton benih padi jenis Inpari Nutrizinc dari Kementrian Pertanian (Kementan) telah diterima Dinas Pertanian Seluma.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Seluma Arian Sosial melalui Kabid Pertanian Joko Antoro mengatakan, usulan ke Kementan sebanyak 160 ton, namun yang diterima saat ini baru sebanyak 32 ton.

BACA JUGA:Tingkatkan Efisiensi dan Kesiapan, Kejati Bengkulu Gelar Apel Kendaraan Dinas Operasional

"Saat ini bantuan benih padi yang telah diterima masih disimpan di dalam gudang dan akan segera disalurkan ke para petani," kata Joko Valeyantoro Kabid Pertanian, Rabu 16 Oktober 2024.

BACA JUGA:Kejati Bengkulu Ikuti Bimbingan Teknis dan Manajemen Kejaksaan Corporate University Tahun 2024

Lanjut joko, nantinya bantun benih padi ini akan disalurkan untuk 6.442 hektar sawah guna percepatan musim tanam Oktober, November, dan Desember tahun ini.

"Total benih padi yang akan disalurkan sebanyak 160 ton serta akan disalurkan untuk 6.422 hektar sawah. Namun baru 32 ton yang telah kita terima, penyalurannya secara bertahap," ujar Joko. 

BACA JUGA:Anggaran Pengerukan Alur Pelabuhan Pulau Baai Belum Menemukan Kesepakatan, Estimasi Pelindo Rp210 Miliar

Lebih lanjut, Joko mengatakan sawah tersebut saat ini dikelola oleh 481 kelompok tani yang sudah terdaftar di Dinas Pertanian dan sudah memiliki badan hukum, serta berdasarkan usulan yang sudah disampaikan oleh kelompok tani ke Dinas Pertanian. 

BACA JUGA:Hasil Survei Pilgub Bengkulu 2024: dari 10 Keluarga, 7 Memilih Rohidin-Meriani, 3 Helmi-Mian

"Berdasarkan usulan yang sudah disampaikan oleh kelompok tani, saat ini 481 kelompok tani yang akan menerima bantuan benih tersebut," tegasnya. 

Seluruh kelompok tani yang sudah menyampaikan usulan diminta untuk bersabar, karena bantuan yang diusulkan saat ini tinggal proses penyaluran dari Kementerian kepada seluruh anggota poktan calon penerima.

(Jul)

Kategori :