Aliansi Masyarakat Adat Nusantara Dukung Romer, Sebut Rohidin Pemimpin yang Memperjuangkan Hak Rakyat

Rabu 16-10-2024,16:26 WIB
Reporter : Tri Imron
Editor : Wizon Paidi

BENGKULU, BETVNEWS - Ratusan masyarakat yang tergabung dalam Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Kabupaten Rejang Lebong secara resmi menyatakan dukungannya kepada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah dan Meriani.

Dukungan ini disampaikan melalui deklarasi yang digelar di posko pemenangan Rohidin-Meriani (ROMER) di Kabupaten Rejang Lebong pada Rabu 16 Oktober 2024.

BACA JUGA:Mantan Walikota Bengkulu Chairul Amri Dikabarkan Hilang, Ini Kata Pihak Keluarga

Deklarasi tersebut cukup mengundang perhatian masyarakat sebab dihadiri langsung oleh calon petahana Rohidin Mersyah beserta para kader partai pengusung.

Ketua Harian AMAN Rejang Lebong, Khairul Amin, menjelaskan bahwa dukungan ini diberikan karena Rohidin telah menunjukkan komitmen dan keberhasilan dalam melindungi masyarakat adat, salah satunya melalui inisiasi Peraturan Daerah (Perda) Adat di tingkat provinsi.

BACA JUGA:3 Tersangka Korupsi Proyek Jembatan Taba Terunjam Dilimpahkan ke Kejari Bengkulu Tengah

Menurutnya, Rohidin adalah satu-satunya pemimpin yang secara nyata memperjuangkan hak-hak masyarakat adat di Bengkulu.

"Pak Rohidin ini sangat fokus terhadap pembangunan di Pulau Enggano. Beliau telah berhasil mendorong lahirnya Perda Masyarakat Hukum Adat serta beberapa produk hukum lainnya yang mengakui dan melindungi tanah adat. Ini menjadi dasar utama kami mendukung beliau dalam Pilkada kali ini," ungkap Khairul.

BACA JUGA:Realisasi Pemutihan Pajak Kendaraan 2024 di Bengkulu Utara Capai Rp7,1 Milliar

Khairul menambahkan bahwa upaya Rohidin dalam memperjuangkan perlindungan dan pengakuan terhadap masyarakat adat, terutama di Pulau Enggano, telah memberikan manfaat yang nyata bagi kelangsungan kehidupan masyarakat adat di wilayah tersebut.

Hal ini dianggap sebagai langkah besar dalam memastikan keberlanjutan budaya dan tanah adat.

BACA JUGA:32 Ton Benih Padi dari Kementan Tiba, Siap Disalurkan kepada Petani di Seluma

Deklarasi dukungan dari AMAN Rejang Lebong ini menegaskan keyakinan masyarakat adat bahwa kepemimpinan Rohidin Mersyah akan terus memperjuangkan hak-hak mereka dan mendorong pembangunan yang inklusif bagi seluruh masyarakat Bengkulu.

(Imron)

Kategori :