Longsor, Belasan Rumah warga Lubuk Gedang Terancam Terjun ke Sungai

Longsor, Belasan Rumah warga Lubuk Gedang Terancam Terjun ke Sungai

Kondisi longsor yang terjadi di desa Lubuk Gedang Kabupaten Mukomuko, yang mengancam belasan rumah warga pada Sabtu 02 September 2022. --(Sumber Foto: Jemiand/Betv)

MUKOMUKO, BETVNEWS - Tingginya curah hujan yang melanda Kabupaten Mukomuko pada Sabtu 02 September 2022, mengakibatkan longsor di desa Lubuk Gedang Kecamatan Lubuk Pinang.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun, longsor yang terjadi pada Sabtu pagi ini, mengakibatkan beberapa rumah warga yang terletak di pinggir sungai terancam masuk ke sungai.

BACA JUGA:Jembatan Paku Haji Ambruk, 2 Unit Dum Truk Jatuh ke Sungai

Hal ini disampaikan Yunna Asuardi Kepala desa Lubuk Gedang, bahwa bencana alam yang terjadi di desa tersebut tidak menimbulkan korban jiwa. Namun beberapa rumah mengalami rusak dan terancam terjun ke sungai.

"Pemilik rumah sudah diarahkan untuk mengungsi terlebih dahulu, karena ditakutkan akan terjadi longsor kembali mengingat kondisi cuaca saat ini," sampai Yunna Asuardi. 

Lanjutnya, berdasarkan hasil pendataan yang telah dilakukan, sebanyak 13 rumah warga yang saat ini terancam longsor.

Atas kejadian bencana alam ini, pihaknya mengharapkan adanya bantuan terhadap keluarga yang menjadi korban longsor dari Pemerintah Daerah. 

BACA JUGA:Lakukan Kekerasan terhadap Murid, Kepsek SMP 20 Dilaporkan

"Saya berharap ada penanganan lebih lanjut dari Pemerintah Daerah, agar rumah warga sepanjang aliran sungai ini bisa aman dari longsor," harapnya. 

Sementara itu Camat Lubuk Pinang Firdiantoni, setelah mendapat laporan dari warga langsung ke lokasi longsor.

Camat mengimbau warga untuk tetap waspada, terutama rumahnya yang berada dekat bibir sungai, tidak menutup kemungkinan longsor kembali terjadi, terlebih pada musim penghujan saat ini.

BACA JUGA:Habiskan Anggaran Miliaran, Taman Makam Pahlawan Seluma Terbengkalai

"Kami menghimbau agar tetap waspada, terutama bagi rumah yang dekat dengan sungai untuk terus meningkatkan kewaspadaan. Dirinya juga akan segera koordinasi kepada instansi terkait," sampai Firdiantoni.

Sementara lokasi longsor sudah di pasang garis police line oleh pihak kepolisian dari Polsek Lubuk Pinang. Kapolsek, camat dan pihak BPBD sudah turun ke lokasi untuk mengecek longsor secara langsung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: